oleh

Warga Luar Surabaya Pun Padati Festival Kenjeran

-Berita Terkini, Kronik-22 kali dibaca

pdip-jatim-koes-plus-festival-kenjeranSURABAYA – Festival Kenjeran yang digelar sejak siang hingga malam, Sabtu (21/5/2016) dipadati pengunjung tidak hanya dari Surabaya. Ribuan pengunjung dari sekitar Surabaya, dan dari kota lainnya memadati event yang digelar DPRD Surabaya bersama Komunitas Peduli Surabaya Rek Ayo Rek (RAR).

Para pengunjung, ada yang datang dari Sidoarjo, Madiun, Jember, Tuban dan daerah lain di Jawa Timur, serta Tangerang maupun kota lain di Indonesia.

Tingkat kunjungan di lokasi acara, yakni Taman Hiburan Pantai (THP) Kenjeran Surabaya naik signifikan. “Ribuan warga hadir di acara Festival Kenjeran, meski pengunjung dikenakan harga tanda masuk (HTM) Rp 5.000 oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) THP Kenjeran,” ungkap Riswanto, Ketua Panita Festival Kenjeran.

Festival Kenjeran ini diisi acara makan ikan bersana, festival band pelajar, hingga penampilan band legendaris Koes Plus. Malamnya ditutup tampilan Koes Bersaudara dan Koes Plus yang langsung dimotori Yon Koeswojo.

Riswanto mengatakan, untuk acara bakar dan makan ikan, dananya dari sumbangan unsur masyarakat yang tidak mengikat. Sedangkan festival band pelajar dan tampilan band Koes Bersaudara dan Koes Plus terselenggara atas biaya APBD Kota Surabaya tahun anggaran 2016 melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) berdasar pokok-pokok pikiran DPRD Surabaya.

“Melalui kegiatan makan ikan ini kami ingin meningkatkan tingkat konsumsi ikan di kalangan masyarakat yang masih rendah. Selain itu, mendorong meningkatnya derajat kesehatan masyarakat Surabaya melalui gemar makan ikan,” jelas Riswanto, yang juga anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Surabaya ini.

Dia menambahkan, Festival Kenjeran juga bertujuan meningkatkan pemberdayaan nelayan Kecamatan Kenjeran maupun Kecamatan Bulak yang menjadi binaannya. Ikan yang dibakar sebanyak 2 ton, dibeli langsung dari nelayan setempat.

“Yang bakar ikan juga ibu-ibu nelayan. Ikan dibakar, diasapi dulu oleh ibu-ibu nelayan, baru dibakar warga di THP Kenjeran. Jadi ikan lebih sedap. Ikan kami bagikan ke siapa saja yang datang di THP Kenjeran,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Surabaya Armuji menyebut bahwa dewan baru pertama ini menggelar konser musik Koes Bersaudara dan Koes Plus. Antusias pecinta Koes Plus yang datang di Festival Kenjeran, sebutnya, sangat luar biasa.

“Bukan saja datang dari daerah lain di Jatim, namun juga kota lain di Indonesia. Rencananya, event ini akan kami jadikan agenda tahunan,” kata Armuji.

Legislator yang juga Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur ini menambahkan, gelar Festival Kenjeran tahun ini bersamaan dengan HJKS (Hari Jadi Kota Surabaya) ke-723. HJKS tahun depan, ke-724 akan ada Festival Pantai Kenjeran lagi.

“Jadi semacam event tahunan. Pada tanggal 28 Mei 2016 depan, akan kami gelar konser musik The Gembells di Kalimas. Panggungnya di Kalimas,” jelas Armuji. (goek)

Foto: Grup Komunitas Peduli Surabaya RAR