oleh

Warga 18 Kecamatan se-Sidoarjo Makan Ikan di Kantor PDIP

pdip-jatim-makan-ikan-sidoarjoSIDOARJO – Asap putih membubung dari pelataran Sekretariat DPC PDI Perjuangan Sidoarjo, Jl Jati Selatan IV No 11 Sidoarjo, Minggu (8/5/2016) siang. Asap bersumber dari api yang membakar ribuan ikan yang dimasak ramai-ramai oleh warga dan  kader-kader PDIP.

“Pesta” ikan siang itu bagian dari Festival Bahari Nusantara dengan acara gerakan makan ikan bersama rakyat yang dilakukan secara serentak se-Indonesia oleh PDI Perjuangan pada hari ini.

“Di Jawa Timur saja, acara makan ikan bersama rakyat digelar di 37 kabupaten dan kota,” Kata Wakil Sekretaris Bidang Program DPD PDI Perjuangan Jawa Timur, Yordan Bataragoa dalam pidatonya membuka acara tersebut.

Gerakan makan ikan, tambah Yordan, sebagai bentuk keprihatinan Partai karena rendahnya tingkat konsumsi ikan di negeri ini. “Tingkat konsumsi ikan di Indonesia terendah se-Asia Tenggara. Ini ironis, padahal kita negara bahari,” ujarnya.

Gerakan makan ikan ini diharapkan bisa mendongkrak tingkat konsumsi masyarakat terhadap ikan. Selain kandungan protein yang tinggi dan baik bagi perkembangan otak anak-anak, gerakan makan ikan diharapkan bisa mendongkrak pendapatan nelayan dan peternak ikan.

Ketua DPC PDIP Sidoarjo Tito Pradopo dalam sambutannya mengatakan, acara diikuti kader Partai dan warga sekitar. “Yang hadir sesuai absensi hampir tembus seribu orang. Kader-kader di bawah kami instruksikan mengajak tetangga masing-masing untuk bareng-bareng makan ikan di sini,” katanya.

Adapun ikan yang dikonsumsi pada acara tersebut adalah berbagai jenis ikan laut dan ikan tawar. (hs)