oleh

Wali Kota Surabaya Kerahkan OPD dan Camat Promosikan Produk UMKM Rakyat di Media Sosial

-Eksekutif-23 kali dibaca

SURABAYA – Pemerintah Kota Surabaya terus berupa menggerakkan perekonomian warga ditengah kontraksi ekonomi akibat pandemi Covid-19. Melalui lomba promosi produk UMKM menyambut Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-728, Senin (31/5/2021), kepala organisasi perangkat daerah (OPD) pemkot dan camat diminta membuat video berisi konten produk-produk UMKM warga untuk diunggah di akun media sosial masing-masing.

Lomba dikhususkan bagi Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Surabaya beserta para camat se-Surabaya itu digelar dengan terbatas serta dengan protokol kesehatan ketat, di Balai Kota Surabaya, Sabtu (29/5/2021).

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan, tujuan digelarnya acara ini hanya satu. Yakni untuk terus meningkatkan dan menggerakkan produk-produk UMKM Kota Surabaya.

Eri memastikan akan terus membantu memasarkan dan meyakinkan seluruh warga Kota Surabaya bahwa ekonomi Surabaya bisa bergerak jika UMKM-nya bisa bergerak.

“Tentunya, sambil kita terus mencegah penularan Covid-19 di Kota Surabaya,” kata Wali Kota Eri seusai lomba promosi produk UMKM di Balai Kota Surabaya.

Menurut Eri Cahyadi, perekonomian tidak boleh berhenti meski situasi pandemi. Tetapi disiplin pada protokol kesehatan juga mesti dilakukan untuk mencegah persebaran virus Corona.

“Makanya, saya berharap dengan adanya acara ini, ayo kita terus menggerakkan ekonomi dengan menguatkan protokol kesehatan. Agar ekonomi di Surabaya bisa meningkat dan Covid-19 di Surabaya terus menurun,” tegas wali kota dari PDI Perjuangan ini.

Lomba Promosi Produk UMKM ini dilakukan melalui dua tahap. Pertama, setiap OPD dan camat membuat video sekreatif mungkin dalam memasarkan produk UMKM yang diunggah di akun media sosial masing-masing. “Baik akun OPD atau akun pribadi,” katanya.

Kedua, peserta tampil di panggung yang telah disediakan sembari mempromosikan produk UMKM. Penampilan 20 peserta terbaik itu pun digelar di Balai Kota Surabaya, Sabtu kemarin.

Dua puluh peserta terbaik ini bagian dari 75 peserta yang ikut serta menyetorkan video promosinya. Dari 20 peserta kemudian dipilih enam peserta terbaik dan dua juara favorit.

“Insyallah 6 yang terbaik dan beberapa peserta lainnya akan ditampilkan juga di vidiotron di berbagai titik di Surabaya, jadi akan kita sampaikan kepada warga Surabaya,” ujarnya.

Pantauan www.pdiperjuangan-jatim.com di sejumlah akun media sosial instansi pemkot Minggu (30/5/2021), tampak berbagai unggahan video produk UMKM warga Surabaya. Bagian Humas Pemkot Surabaya misalnya, yang menampilkan abon sambal dan teh rosella kemasan botol buatan UMKM.

Produk UMKM lain juga diunggah melalui akun resmi OPD. Ada produk boneka berpakaian adat se-nusantara, boneka wisuda, pin, hingga gantungan kunci. (hs)

Komentar