oleh

Wakil Ketua Komisi D DPRD Jatim Dorong Percepatan Pembangunan Potensi Desa Wisata

-Berita Terkini, Legislatif-33 kali dibaca

PASURUAN – Wakil Ketua Komisi D DPRD Jatim Eddy Paripurna mengapresiasi pengembangan potensi ekonomi di Desa Candiwates, Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan. 

Berdirinya pusat perekonomian desa itu diyakini bakal menjadi pengungkit tingkat kesejahteraan masyarakat.

Sentra kuliner Jande (jajanan desa) yang dikembangkan Bumdes Candiwates ini melibatkan pelaku UMKM warga sekitar. Jajanan tradisional merupakan produksi warga dan dikelola manajemen sentra kuliner tersebut.

“Pelibatan pelaku UMKM dari masyarakat sekitar ini akan menumbuhkan perekonomian desa. Perputaran uang dari sentra kuliner ini sangat dirasakan masyarakat setempat,” kata Eddy Paripurna, saat menjalani masa Reses Persidangan DPRD Jatim di Desa Candiwates, Pandaan, Rabu (3/3/2021).

Menurut Eddy yang juga mantan Wakil Bupati Pasuruan, diperlukan dukungan dari pemerintah agar keterlibatan pelaku UMKM ini menjadi lebih baik. 

“Kami akan memfasilitasi agar pemerintah memberikan bantuan pelatihan dan peningkatan keterampilan. Sehingga produk UMKM ini memenuhi standar, dari segi penyajian dan pengemasannya,” tandasnya.

Dijelaskan, sentra kuliner Jande ini menjadi alternatif wisata desa yang menyedot perhatian masyarakat. Berada di kawasan lereng pegunungan yang sejuk, sentra kuliner ini beromset Rp 10 juta pada saat akhir pekan.

“Potensi pariwisata desa ini harus mendapat perhatian dan dukungan dari pemerintah. Sehingga perekonomian masyarakat menjadi berkembang,” kata Eddy yang juga Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Jatim. (ian)