oleh

Utusan Negara Sahabat Hadiri Semipro 2016

pdip-jatim-rukmini-pembukaan-semiproPROBOLINGGO – Even tahunan Semipro (Seminggu di Kota Probolinggo) 2016 bisa dibilang istimewa. Pasalnya, even yang menampilkan potensi seni budaya, wisata, dan ekonomi ini dihadiri utusan dan duta besar negara sahabat.

Wali Kota Hj Sri Rukmini mengatakan, Semipro 2016 memiliki arti khusus bagi masyarakat Probolinggo. “Ada18 negara sahabat akan mengirim utusannya. Bahkan duta besarnya siap menghadiri Semipro. Ini harus kita manfaatkan untuk promosi dan investasi di berbagai sektor demi meningkatkan perekonomian rakyat,” kata Sri Rukmini, ketika membuka Semipro 2016, di Alun-alun Kota Probolinggo, Jumat (26/8/2016) malam.

Menurut Rukmini, para utusan dan duta besar negara sahabat ini akan mengikuti berbagai kegIatan Semipro, dan mengunjungi berbagai potensi wisata dan ekonomi di Kota Probolinggo.

“Mereka ini akan mengikuti City Tour Improssive Probolinggo City pada 28 Agustus 2016. Mereka juga akan mengunjungi sentra ekonomi seperti pengolahan ikan dan hasil laut, sentra batik khas Probolinggo,” ujar wali kota yang juga Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur ini.

Dengan letak geografis yang strategis, mantan legislator DPR RI ini meyakini, bahwa Kota Probolinggo memiliki potensi luar biasa yang dapat dikembangkan di masa mendatang untuk memakmurkan masyarakat.

“Kota Probolinggo adalah segitiga emas penghubung kota-kota besar di Jawa dan Bali. Kota Probolinggo juga sudah menjadi tujuan utama kapal pesiar internasional. Ini potensi luar biasa yang dapat dikembangkan untuk memberdayakan masyarakat,” tuturnya.

Semipro 2016 kali ini mengambil tema Ayo Berkreasi, Erat, Kuat, Bersemangat dan Bermanfaat. “Mari kita jadikan Semipro 2016 sebagai momentum mengubah kita menjadi lebih kreatif, bergotong royong, membangun masyarakat yang kebih makmur,” ajak dia.

Sementara itu, Ketua Semipro 2016 Bambang Agus mengatakan, Semipro 2016 akan meliputi 44 jenis kegiatan. Di antaranya kegiatan olahraga, festival, perlombaan, seni budaya, pameran dan hiburan. Ada pameran produk unggulan yang juga diikuti kabupaten atau kota di Jawa Timur dan Indonesia, seperti Sumatera Barat dan Nusa Tenggara Barat.

Sedang pawai budaya yang digelar Minggu, akan diikuti 54 peserta. “17 peserta dari Kota Probolinggo. Yang lainnya peserta undangan dari kabupaten atau kota lainnya, seperti Surabaya, Kabupaten Sleman, Kota Bima, Sumatera Barat dan Nusa Tenggara Barat. (guh)