Terima Kunjungan Kerja BPIP, Bupati Fauzi: Kita Jaga Kebhinekaan Demi Kerukunan Masyarakat

 57 pembaca

SUMENEP – Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) RI melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Sumenep. Kepala BPIP, Prof. Drs. Yudian Wahyudi, M.A., Ph. D., beserta rombongan diterima oleh Bupati Sumenep, Achmad Fauzi di Pendopo Agung Keraton Sumenep, Minggu (27/3/2022) malam.

Bupati Fauzi mengatakan, pihaknya menyambut baik kunjungan kerja BPIP di Kabupaten Sumenep. Ia berharap, hal tersebut bisa menjadi penyemangat bagi jajaran pemerintah daerah dan masyarakat untuk terus meningkatkan kualitas, khususnya dalam aktualisasi nilai-nilai Pancasila.

“Semoga, BPIP hadir di Sumenep untuk melaksanakan berbagai kegiatan menjadi semangat seluruh elemen masyarakat, sehingga semakin memahami nilai-nilai Pancasila dalam merawat kebangsaan,” ujar Bupati Fauzi, Senin (28/3/2022).

Ketua DPC PDI Perjuangan Sumenep itu juga menyampaikan dukungannya pada setiap kegiatan yang dilakukan BPIP untuk membumikan Pancasila dengan cara menerapkan dan menanamkannya dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat Sumenep.

“Kabupaten Sumenep yang merupakan daerah dengan wilayah darat maupun laut terdiri atas ratusan pulau, bahkan memiliki ragam agama dan budaya, harus tetap menjaga asas kebhinnekaan demi tercipta kerukunan di masyarakat,” terangnya.  

Lebih lanjut, Bupati Fauzi menjelaskan, arsitektur pembangunan Kabupaten Sumenep, mulai dari Masjid Jami’, Keraton Sumenep dan beberapa pembangunan bersejarah lainnya, menunjukkan kerukunan antar suku.  

“Arsitektur bangunan bersejarah di Kabupaten Sumenep adalah bukti kerja sama dan toleransi di masyarakat yang majemuk, semisal penataan keraton dengan desain tata kota untuk penataan suku-suku yang ada, dan penataan terhadap tempat ibadah bersebelahan,” tuturnya.  

Sementara itu, Kepala BPIP, Yudian Wahyudi, mengungkapkan, pihaknya datang ke Kota Keris ini, agar pemerintah daerah memperkokoh keharmonisan bangsa, terutama dengan menggelorakan Salam Pancasila atau Salam Kebangsaan.  “Kami berharap Pemerintah Kabupaten Sumenep untuk menyosialisasikan nilai-nilai Pancasila kepada seluruh elemen masyarakat,” tandasnya. (set)