oleh

Tarik Minat Masyarakat, Vaksinasi Massal di Trenggalek Berhadiah Kambing

-Eksekutif-23 kali dibaca

TRENGGALEK – Program vaksinasi massal terus digencarkan pemerintah di tengah melonjaknya kasus penyebaran covid-19 di sejumlah daerah. Bahkan Presiden Republik Indonesia minta tidak hanya kepada pemerintah daerah, tapi juga TNI-Polri untuk mendukung percepatan program vaksinasi.

“Pak Presiden Jokowi memerintahkan vaksinasi ini harus digencarkan, target satu hari bisa minimal satu juta dosis,” ungkap Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin saat meninjau pelaksanaan vaksinasi massal di halaman Pasar Pon, Kamis (24/6/2021).

Vaksinasi massal hari pertama ini menyasar tiga lokasi yaitu di halaman Pasar Pon Trenggalek, Pasar Bendorejo Kecamatan Pogalan, serta area parkir kawasan wisata Pantai Prigi Kecamatan Watulimo.

Di halaman Pasar Pon, penyuntikan vaksin dilakukan dengan sistem drive thru untuk mengantisipasi terjadinya kerumunan.

Untuk menarik minat masyarakat mengikuti program vaksinasi, juga disiapkan sebanyak 35 ekor kambing dan 80 ekor ayam sebagai hadiah yang langsung diundi usai masyarakat menerima suntikan vaksin.

Kabupaten Trenggalek sendiri mendapatkan bantuan kurang lebih sebanyak 10 ribu dosis vaksin dari Kapolda Jawa Timur. Rencananya 10 ribu dosis vaksin tersebut akan disuntikkan dalam tiga hari.

“Kemudian sebagai bentuk ucapan terima kasih kepada masyarakat agar masyarakat ketertarikan untuk vaksinnya juga tinggi kita memberikan oleh-oleh, diundi dalam bentuk kambing, ayam, sehingga nanti juga bermanfaat untuk masyarakat untuk pemulihan ekonomi,” ujar bupati yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Trenggalek ini.

Sementara itu Kapolres Trenggalek AKBP Dwiasi Wiyatputera membenarkan bahwa vaksin tersebut merupakan bantuan dari Kapolda Jatim. Di hari pertama vaksinasi massal disiapkan sebanyak 1.500 dosis vaksin.

“Kemudian selang satu hari, hari Sabtunya dan hari Senin masing-masing nanti rencana kita targetkan 2.000 dosis vaksin yang akan diterima oleh masyarakat karena Pak Kapolda membantu sekitar 10 ribu,” ungkapnya.

Menurut Kapolres Trenggalek, vaksinasi massal kali ini diprioritas kepada desa-desa yang masuk dalam zona oranye atau positivity rate tinggi. (man/pr)