Sosialisasikan CSR BUMN, Sonny Ingatkan Tanggung Jawab Perusahaan Negara

 87 pembaca

BONDOWOSO – Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR RI Komisi VI, Sonny T Danaparamita, memberikan sosialisasi tentang peran Corporate Social Responsibility (CSR) Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk masyarakat. Kegiatan sosialisasi tersebut diselenggarakan di Ballroom Hotel Anugerah Kabupaten Bondowoso, Kamis (30/12/2021).

Pada kegiatan tersebut, Sonny yang hadir via daring, dalam pemaparan materinya mengatakan, poin penting dalam sosialisasi ini adalah mengajak masyarakat untuk lebih memahami peran CSR BUMN yang ada di wilayah masing-masing bisa dimanfaatkan dan dikelola masyarakat, untuk kesejahteraan bersama.

“Dalam kesempatan ini saya mengajak masyarakat agar tidak memahami CSR BUMN sebagai program bantuan semata, tetapi sebagai tanggung jawab perusahaan negara untuk memajukan bangsa dalam perspektif jangka panjang,” ujar Sonny.

Menurut Sonny, dengan berbagai jaringannya di seluruh Indonesia, gerak BUMN sangat efektif dan strategis dalam membantu masyarakat dalam beragam kegiatan sosial pun termasuk melalui program CSR. Ia mencontohkan beberapa program CSR yang dapat diakses oleh masyarakat seperti alat operasional, beasiswa, dan bantuan permodalan serta berbagai program bantuan lainnya.

“Salah satu peran strategis BUMN adalah bagaimana CSR ini bisa didorong dan dioptimalkan untuk peningkatan kesejahteraan sosial, pendidikan, kesehatan, serta berperan menggerakkan perekonomian masyarakat. Salah satunya dalam bentuk permodalan,” jelasnya.

Legistalor dari Dapil lll Jatim ini menerangkan, pihak-pihak yang mendapatkan akses untuk menggunakan program CSR BUMN ini harus dilakukan dengan penuh kejelasan dan transparan, serta penuh tanggung jawab.

“CSR BUMN dapat diwujudkan dalam bentuk pembangunan yang berkelanjutan pada sektor sosial, budaya dan lingkungan. Sebab itu, program CSR BUMN harus dilakukan dengan prinsip dan tata kelola terintegrasi, terarah, dan terukur, serta dapat dipertanggungjawabkan pada tiga sektor tersebut,” ungkapnya.

Ketua DPP PA GMNI itu pun mengungkapkan, pada masa pandemi Covid-19, program CSR BUMN hadir di tengah masyarakat dan telah terbukti memberikan kontribusi dalam sektor sosial, lingkungan, serta sektor peningkatan ekonomi.

“Hampir dua tahun negara kita berada pada situasi pandemi. Dan dalam kondisi tersebut kita bisa lihat CSR BUMN telah banyak dimanfaatkan. Tidak hanya untuk penanganan kesehatan, pendidikan, dan lingkungan saja, tetapi juga membantu meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat,” pungkasnya. (ryo/set)