Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan, Johan Budi Ajak Masyarakat Antisipasi Berita Hoaks

 50 pembaca

PONOROGO – Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR/MPR RI, Johan Budi Sapto Pribowo, menggelar Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan MPR RI di Desa Lembah Kecamatan Babadan, Kamis (22/9/2022). Turut mendampingi Johan Budi, di antaranya, anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kabupaten Ponorogo, Agung Priyanto dan Relelyanda Solekha.

Pada kesempatan itu, Johan Budi menyampaikan pentingnya menjaga empat pilar kebangsaan, yakni Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, UUD ’45, dan NKRI. Selain itu, hingga saat ini masih ada saja oknum yang menyebarkan hoaks dan membuat masyarakat meyakininya sebagai kebenaran, sehingga mengakibatkan perpecahan.

Karena itu, Johan Budi menegaskan, dirinya akan memberi pemahaman terhadap masyarakat agar tidak menelan mentah-mentah berita hoak, juga tidak asal menyebarkannya. Sangat diperlukan untuk menyaring terlebih dahulu kebenaran berita tersebut.

“Saya berpesan kepada masyarakat untuk tidak menjadi orang yang menyebarkan hoaks. Diteliti dulu, bertanyalah kepada orang yang tahu. Jangan langsung main forward,” jelas mantan jubir KPK itu.

Apalagi, terangnya, menjelang Pemilu 2024 ditakutkan akan semakin beredar berita hoaks. Seperti yang pernah terjadi pada Pilpres 2019 lalu.

“Dulu pernah kita alami empat tahun lalu muncul berita-berita hoaks yang diyakini sebagai kebenaran, intinya audiens untuk berhati-hati, disaring dulu,” jelasnya.

Menurut Johan Budi, keberadaan media mainstream dan Kominfo yang memiliki fitur untuk mengecek informasi hoaks atau tidak, dapat membantu masyarakat. Masyarakat perlu teliti untuk cek setiap berita yang masuk.

“Sekarang sudah banyak media mainstream yang memberikan panduan, apakah ini hoaks atau tidak. Itu menurut saya cukup membantu publik,” pungkasnya. (jrs/set)

Tinggalkan Balasan