oleh

Sofi Indriasari Ingatkan ASN Se-Kecamatan Binakal Agar Tidak Sampai Terpapar Ideologi Asing

-Legislatif-21 kali dibaca

BONDOWOSO – Anggota DPRD Bondowoso, Sofi Indriasari ST mewanti-wanti aparatur sipil negara (ASN) se-Kecamatan Binakal agar tidak sampai terpapar ideologi asing.

Hal itu disampaikan Sofi, sapaan akrab Sofi Indriasari, saat menjadi narasumber acara Menanamkan Nilai-nilai ASN Berakhlak di kantor kacamatan Binakal, Jumat  (24/06/22).

Wakil rakyat dari PDI Perjuangan ini menjelaskan, ASN berakhlak adalah fondasi baru bagi aparatur sipil negara demi terwujudnya satu kesamaan persepsi yang mudah dipahami dan diterapkan bagi ASN. Harapannya, agar ASN bisa melayani secara prima.

Legislator asal daerah pemilihan V ini lantas menjelaskan beberapa komponen ASN Berakhlak. Di antaranya akuntabel, kompeten, harmonis, gotong royong dan adaptif, inovatif dan kreatif, serta kolaboratif.

“Tujuannya agar ASN bisa sepenuh hati melayani masyarakat dengan ikhlas tanpa ada batasan antara ASN dengan masyarakat,” katanya.

Perempuan bertugas sebagai Wakil Ketua Komisi I DPRD Bondowoso  itu juga menjelaskan perihal akuntabilitas ASN. ASN, kata dia, bisa melaksanakan tugas secara bertanggung jawab, jujur cermat dan disiplin serta berintegritas tinggi.

“Fasilitas yang diberikan negara semisal mobil harus digunakan sepenuhnya untuk keperluan tugas. Bukan digunakan untuk hal lain di luar kedinasan,” ujarnya.

Sofi juga memaparkan agar ASN bekerja secara kompeten. ASN diharapkan untuk meng-upgrade dirinya agar bisa menjawab perubahan zaman. Aturan-aturan yang dikeluarkan oleh kementerian ASN harus terus update. Sekaligus menggunakan gawai yang difasilitasi negara secara manfaat. “Tujuannya agar ASN memiliki kualitas yang mumpuni,” tandasnya.

Sofi Indriasari juga menekankan bahwa ASN harus memegang teguh  ideologi pancasila dan UUD negara 1945, setia terhadap NKRI dan pemerintah yang sah.

“Jangan sampai terpapar ideologi di luar Pancasila yang membuat ASN menjadi radikal. ASN harus tetap memegang teguh ideologi Pancasila. Jangan sampai ASN lupa terhadap sumpah dan janjinya,” tegas Sofi Indriasari yang juga menjadi Bendahara DPC PDI Perjuangan Bondowoso.

Pemerintah, lanjut dia, memberikan nilai-nilai yang harus ditanamkan kepada seluruh ASN. Dengan Jargon ASN Berakhlak Bangga Melayani Bangsa, diharapkan ASN bisa menjalankan nilai-nilai yang diberikan pemerintah agar pelayanan yang diberikan kepada masyarakat benar-benar pelayanan yang prima. (isa/hs)