oleh

Soal Kabinet Akan Disampaikan Jokowi di Rakernas Semarang

Jokowi saat di Rakernas SbySEMARANG – Sekjen DPP PDI Perjuangan Tjahjo Kumolo mengungkapkan, PDI Perjuangan akan menggelar rapat kerja nasional (Rakernas) di Semarang, Jawa Tengah, 19-21 September 2014 depan. Rakernas ini untuk mengonsolidasikan seluruh elemen partai mulai pusat sampai daerah.

“Melalui Rakernas, PDI Perjuangan ingin menyolidkan struktur partai dari tingkat pusat sampai daerah, pimpinan dewan dari pusat sampai daerah, dari presiden sampai bupati dan wali kota,” kata Tjahjo Kumolo di sela acara Pendidikan dan Pelatihan Kader Madya PDI Perjuangan Jawa Tengah di Semarang, Sabtu (6/9/2014).

Kader-kader PDI Perjuangan di tiga pilar partai tersebut, sebut Tjahjo, harus solid. Sehingga pengambilan keputusan politik terkait anggaran di pusat dan di daerah, peraturan daerah, undang-undang legislasi, dan kebijakannya, bisa saling mengontrol.

Dalam rakernas tersebut juga akan dibahas persiapan Kongres PDI Perjuangan yang akan digelar pada 2015. Rakernas juga akan mengevaluasi hasil pemilu legislatif dan pemilu presiden 2014 sekaligus membahas persiapan pemerintahan Joko Widodo sebagai presiden terpilih.

“Agenda utama rakernas adalah mengambil sebuah keputusan sebagaimana amanat kongres yang lalu. Dan terhitung mulai Oktober 2014, PDI Perjuangan menyatakan diri sebagai partai yang berada di dalam pemerintahan,” jelasnya.

Tjahjo juga mengungkapkan, saat rakernas Joko Widodo kemungkinan besar akan membuat statement tersendiri mengenai kabinet pemerintahan yang akan dibentuknya. “Sekarang beliau sedang ‘menggodok’ dengan penuh berapa jumlah kementerian pada pemerintahannya, apakah ada penambahan atau penggabungan dan itu merupakan hak prerogatif presiden,” katanya. (pri/*)