oleh

Soal Hubungan Industrial yang Ideal, Untari Contohkan Koperasi SBW

-Legislatif-141 kali dibaca

MALANG – Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Provinsi Jawa Timur Dr Untari Bisowarno M.AP melaksanakan kegiatan Reses Periode II tahun 2021 di Gedung Koperasi Setia Budi Wanita (SBW), Kota Malang, Selasa (4/5/2021) sore.

Dalam kegiatan reses kali ini, Sri Untari menjabarkan mengenai UU Ketenagakerjaan dan pentingnya kolaborasi antara seluruh elemen yang ada untuk membangkitkan perekonomian bangsa yang tengah terimbas pandemi Covid-19.

“Semua hak-hak seluruh pekerja harus diberikan oleh perusahaan dan perusahaan transparan kepada seluruh pekerjanya tentang bagaimana keadaan keuangan perusahaan setiap bulannya,” tutur Sri Untari.

Hal tersebut menurutnya penting untuk diketahui pekerja. Sehingga antara perusahaan dengan pekerja memahami kondisi yang dialami saat ini.

“Sehingga segala sesuatu yang berkenaan dengan perubahan, baik naik maupun turun dari perusahaan itu dimengerti karyawan, dan seluruh karyawan juga dijamin urusan kesehatan dan hari tua mereka,” katanya.

Dia mencontohkan sistem kerja di Koperasi Setia Budi Wanita (SBW) Malang. Menurut Untari, Koperasi SBW merupakan contoh yang ideal dalam pembangunan relasi antara pekerja dengan petinggi ataupun pemilik usaha.

“Semua karyawan ikut menjadi pemilik Koperasi SBW. Tidak semua perusahaan mau memberikan saham kepada karyawan, inilah yang menjadi keunggulan kita,” terang Untari.

Sebagai sebuah koperasi yang telah lama eksis di Indonesia, menurut Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) itu, SBW berhasil membuat sebuah pola hubungan kerja yang baik. Dengan tidak meninggalkan aspek kesejahteraan pekerja dan kesetaraan dalam bekerja.

“SBW selalu saya jadikan contoh untuk hubungan industrial yang ideal, jarak antara pimpinan tertinggi dengan yang di bawah, hasil usaha (HU) hanya berjarak 3 kali lipat. Hal ini dalam rangka mempercepat kesejahteraan bersama,” bebernya.

Dengan menggunakan sistem tanggung renteng, menurut Sri Untari, dapat menjadikan Koperasi SBW sebagai koperasi yang terus tumbuh besar dan eksis di Malang Raya.

Terlebih di masa pandemi Covid-19, SBW selalu mengedepankan kesejahteraan anggotanya. Mulai dari penyelenggaraan pendidikan, jaminan kesehatan, hingga pemenuhan kebutuhan anggota akan tempat tinggal.

“Ini adalah cara kita, bagaimana seluruh yang bekerja di sini dilindungi oleh lembaga,” sebut dia.

Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jawa Timur itu juga mengungkapkan, selain meningkatkan kesejahteraan anggota, tidak lupa Koperasi SBW juga akan melaksanakan peningkatan kompetensi anggotanya melalui pelatihan profesi.

“Dalam waktu dekat SBW akan melakukan pelatihan dengan Badan Nasional Sertifikasi Profesi, untuk menaikan profesionalitas pekerja,” ungkap anggota DPRD dari Dapil Malang Raya tersebut.

Dia menambahkan, Koperasi SBW merupakan percontohan bagi dunia industri modern di Indonesia. Untuk kemudian bisa mengembangkan usaha sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

“Apa yang dibangun SBW ini adalah contoh bagaimana membangun hubungan industrial yang berbasis Pancasila,” tutupnya. (ace/pr)