Soal Dukungan Capres, Puan Maharani Puji Kenegarawanan Jokowi

Loading

“Presiden RI nggak boleh berpihak dalam kontestasi pilpres yang akan datang karena berkeinginan agar jalannya pesta demokrasi 2024 bisa berjalan dengan baik, lancar adem ayem gembira, rakyat tidak tertekan, tidak deg-degan. Saya apresiasi apa yang disampaikan Pak Jokowi”

SURABAYA – Ketua DPR RI Puan Maharani melontarkan pujian pada sikap kenegarawanan Presiden Joko Widodo, alias Jokowi. Menurutnya, sikap Presiden Jokowi yang menegaskan akan mendukung semua calon presiden (capres) merupakan langkah tepat.

“Ya, seorang negarawan memang harus seperti itu. Tidak menyatakan dukungan ke salah satu calon dalam kontestasi pilpres yang akan datang. Justru yang disampaikan beliau itulah betul-betul seorang negarawan,” kata Puan Maharani.

Ungkapan itu dia sampaikan usai mengikuti apel Hari Santri 2023 di Tugu Pahlawan, Kota Surabaya, Minggu (22/10/2023). Selain Puan, apel Hari Santri dipimpin Presiden Jokowi itu juga diikuti sejumlah pejabat negara.

“Presiden RI nggak boleh berpihak dalam kontestasi pilpres yang akan datang karena berkeinginan agar jalannya pesta demokrasi 2024 bisa berjalan dengan baik, lancar adem ayem gembira, rakyat tidak tertekan, tidak deg-degan. Saya apresiasi apa yang disampaikan Pak Jokowi,” sambung Puan.

Terkait sikap Gibran Rakabuming Raka, putra Jokowi, yang menerima rekomendasi Partai Golkar sebagai bakal cawapres, Puan minta semua pihak untuk mengikuti proses yang sedang berlangsung.

Baca juga: Hadiri Peringatan HSN, Puan Yakin Peran Santri Sangat Penting Jaga Persatuan di Tahun Politik

Dewan Pembina Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud itu menegaskan, sejauh ini Gibran baru dicalonkan atau direkomendasikan.

“Jangan berandai-andai. Kan belum maju, kan baru dicalonkan atau direkomendasikan. Jadi, kita tunggu dulu apa tanggapan mas Gibran,” tuturnya.

Terkait peringatan Hari Santri 2023, Puan bersyukur bisa mengikuti acara yang digelar di Kota Pahlawan tersebut. “Ya alhamdulillah kita sudah bisa ikut merayakan hari santri di Surabaya pada hari ini,” ucapnya.

Perjuangan para santri, tambah Puan, merupakan salah satu hal yang perlu terus diingat, bahwa mereka selalu bersama-sama elemen masyarakat lainnya, dalam membangun bangsa.

“Perjuangan mereka itu memang salah satu hal yang penting bagi berdirinya bangsa Indonesia,” jelas Ketua DPP PDI Perjuangan tersebut. (red/pr)