oleh

Sisir Kawasan Terdampak Gempa, Baguna Kabupaten Malang Distribusikan Bantuan

MALANG – Sehari pasca gempa bumi dengan magnitudo 6,1 Skala Richter melanda kawasan selatan Jawa Timur pada Sabtu (10/4/2021), Badan Penggulangan Bencana (Baguna) DPC PDI Perjuangan Kabupaten Malang melakukan pengecekan kondisi di lapangan terdampak gempa.

Tak hanya menyisir kawasan terdampak, Tim Baguna sekaligus menyerahkan bantuan kepada masyarakat terdampak gempa di dua titik. Yakni di Kecamatan Ampelgading dan Kecamatan Tirtoyudo pada Minggu (11/4/2021).

Kepala Baguna Kabupaten Malang Abdul Qodir menjelaskan distribusi bantuan yang diberikan berupa 3 ton beras dan 150 kardus mie instan. Bantuan diberikan langsung oleh Tim Baguna kepada camat di tiap wilayah untuk kemudian didistribusikan kepada masyarakat.

“Kami lahir dan dibesarkan oleh kasih sayang Ibu Ketua Umum Megawati Soekarnoputri yang selalu mengingatkan dan mendidik kami agar senantiasa tertawa dan menangis bersama rakyat,” ucap Abdul Qodir.

Baca: Seperti ini Gercep Pemkab Malang Atasi Dampak Bencana Alam

Pada kesempatan yang sama, Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Malang, Tatik Yunarni menjabarkan kegiatan ini merupakan wujud dari rasa kecintaan PDI Perjuangan yang luar biasa kepada masyarakat. 

“Hari ini adalah wujud konsistensi dimana kecintaan kami terhadap rakyat, dan penderitaan mereka akibat bencana yang terjadi kemarin, menuntun kami hadir menemui mereka saat ini,” ujar Tatik Yunarni yang juga anggota DPRD Kabupaten Malang itu.

Sementara itu, Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kabupaten Malang Darmadi mengatakan pihaknya sudah menyiapkan langkah-langkah cepat yang akan dilakukan seluruh struktural partai banteng tersebut.

Baca juga: Baguna Jatim Terjunkan Tim Pembuka ke Lokasi Gempa

“Pasca terjadinya gempa kemarin, kami meminta untuk melakukan pendataan di berbagai wilayah terdampak kepada PAC dan Ranting untuk melaporkan kondisi wilayahnya masing-masing. Sudah kita instruksikan hari ini serentak di kabupaten Malang PAC untuk turun bergotong royong melakukan aksi sosial di tengah-tengah masyarakat untuk membantu korban bencana,” jelas Darmadi.

Ia juga menegaskan PDI Perjuangan akan terus hadir di tengah-tengah masyarakat untuk membantu meringankan beban yang dialami akibat gempa.

“Kami selalu menggandeng dan berkerjasama dengan pemerintah daerah dan instansi-instansi yang terlibat disana. PDI Perjuangan sangat peduli terhadap masyarakat dan akan selalu hadir di tengah-tengah masyarakat terutama di saat seperti ini,” tambahnya. (ace/pr)

Komentar