Setahun Kosong, Mas Ipin Lantik Edy Soepriyanto Jadi Sekda Trenggalek

 171 pembaca

TRENGGALEK – Bupati Mochamad Nur Arifin melantik Edy Soepriyanto sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Trenggalek di Paringgitan Pendopo Manggala Praja Nugraha Trenggalek, Rabu (28/9/2022).

Edy yang sebelumnya menjabat sebagai Asisten I Pemkab Trenggalek itu kini resmi mengisi jabatan Sekda Trenggalek yang sudah ditinggal kosong sejak September 2021.

“Pelantikan ini setelah hasil panitia seleksi memunculkan tiga nama dan kami memutuskan untuk memilih beliau menjadi sekda,” kata Arifin

Menurutnya, pengisian jabatan sekda penting karena jabatan itu sudah lama kosong. Selama ini, sekda diisi oleh penjabat yang berasal dari pegawai pemkab maupun pegawai provinsi.

“Jadi pertimbangan kebutuhan organisasi saja,” sambung bupati yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Trenggalek ini.

Dia meyakini, Edy akan bekerja secara maksimal usai dilantik menjadi sekda. Apalagi, banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan.

“Menurut saya, dengan pelantikan ini, bisa melengkapi dan menambah kinerja pemkab,” ujar bupati muda yang lekat disapa Mas Ipin tersebut.

Pihaknya berharap, hadirnya sekda definitif bisa membuat organisasi di sekretariat daerah bisa lebih kompak. “Karena sekda ini kan jabatan tertinggi dalam birokrasi. Sehingga harapannya bisa mengompakkan yang lainnya yang berada di bawah setda,” jelasnya.

Soal masih ada jabatan di sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) yang kosong, menurutnya, akan ditindaklanjuti dengan seleksi dan promosi jabatan publik secara terbuka atau open bidding.

“Open bidding sendiri, merupakan suatu sistem mekanisme yang dilakukan dalam mengimplementasikan pengangkatan seseorang dalam suatu jabatan struktural,” jelasnya. (red/pr)