oleh

Reses, Hari Putri Lestari Ingin Rakyat Kritis

-Legislatif-218 kali dibaca

LUMAJANG – Sikap kritis dari masyarakat memberikan andil dalam pelaksanaan pembangunan. Hal itu dikatakan anggota DPRD Jawa Timur, Hari Putri Lestari saat menggelar serap aspirasi (Reses) di Desa Karangsari, Kecamatan Sukodono, Jum’at (7/5/2021).

Serap aspirasi masa reses ke II ini  sebagai bahan bagi DPRD Jatim bersama pemprov dalam  pembahasan Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) APBD tahun anggaran 2021.

Menurut Hari Putri Lestari, dalam setiap resesnya, ia menginginkan audiens yang kritis. Menurutnya, hal itu dapat membantu dalam mengevaluasi serta langkah apa yang harus dilakukan oleh pemerintah.

Banyak aspirasi yang ia tampung, khususnya terkait infrastruktur di Lumajang. Mulai dari jalan nasional yang rusak, perijinan pendirian toko  yang bermasalah, hingga usulan pembangunan dermaga di pesisir Lumajang.

“Saya tampung semuanya, nanti saya rapatkan dengan fraksi PDI Perjuangan di DPRD Provinsi Jatim. Juga nanti akan koordinasi secara berjenjang, baik dengan DPRD Kabupaten maupaun DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, khususnya dapil Lumajang-Jember,” ujar Tari, sapaan akrabnya.

Terkait aspirasi, Tari juga meminta supaya masyarakat bersurat kepada Bupati atau instansi terkait. Jika tiga kali tidak ditindaklanjuti, Tari meminta supaya melapor kepada DPR, baik DPR RI, DPRD Provinsi Jatim, maupun DPRD Kabupaten.

“Kuncinya adalah bagaimana konsisten dari pengawalan sebuah aspirasi itu. Tapi kami akan koordinasi dengan anggota DPRD fraksi PDI Perjuangan di Lumajang untuk mengawal bersama aspirasi masyarakat,” tambahnya.

Terkait pembangunan dermaga, Tari mengatakan bahwa itu merupakan tugas dari pemerintah daerah. Meski demikian, menurut Tari, masyarakat boleh mengusulkan kepada Gubernur Jawa Timur.

“Silahkan koordinasi dengan bupati, sehingga bisa koordinasi dengan gubernur supaya dianggarkan untuk pembangunan dermaga,” tambahnya.

Tak hanya secara lisan, masyarakat juga dapat menyampaikan aspirasinya secara tertulis pada lembaran yang sebelumnya diberikan kepada masyarakat yang hadir. Tari mengatakan, ia berkomitmen akan mengawal seluruh aspirasi yang disampaikan masyarakat yang hadir dalam reses tersebut. Meskipun bukan bidangnya, Tari menegaskan akan mengawal dan menyampaikan kepada anggota fraksi PDI Perjuangan di komisi yang membidangi. (ndy/hs)