oleh

Repdem Jatim Siap Berperan Aktif Menangkan Cagub dari PDIP

-Berita Terkini, Kronik-33 kali dibaca

SURABAYA – Relawan Perjuangan Demokrasi (Repdem) Jawa Timur siap mendukung dan memenangkan calon gubernur – calon wakil gubernur yang diusung PDI Perjuangan, dalam Pilkada Jawa Timur 2018.

Penegasan ini disampaikan Ketua DPD Repdem Jatim, Abdi Edison, terkait menghadapi perhelatan Pilgub Jatim 2018, yang juga bakal diikuti jago dari PDI Perjuangan.

Sebagai organisasi sayap PDI Perjuangan, jelas Edison, aktivis Redem akan berperan aktif memenangkan calon yang diusung partai. Pihaknya sia[ mengerahkan seluruh kader dan anggota Repdem yang tersebar di 25 kabupaten/kota se-Jawa Timur.

“Repdem memiliki 500 kader dan 2.000 anggota yang selama ini sudah menyatu dengan masyarakat. Mereka siap bergerak secara aktif untuk memenangkan calon gubernur yang diusung PDIP,” kata Edison, Sabtu.

Dia menyebutkan, kader Repdem selama ini tidak bergerak di ranah politik yang menjadi domain partai. Sebagai organisasi kemasyarakatan, jelasnya, Repdem lebih fokus pada kegiatan yang bersentuhan pada masyarakat, terutama empat elemen penting seperti petani, nelayan, buruh dan kaum miskin kota.

Karena itu, pihaknya yakin bisa mendongkrak suara bagi calon partai karena basis massa yang selama ini digarap berbeda dengan basis partai yang mayoritas kaum nasionalis. Langkah itu dilakukan Repdem untuk memperkuat posisi partai di tingkat akar rumput.

“Kalau secara politik, PDI Perjuangan sudah kuat di Jawa Timur. Karena itu Repdem tidak berada pada ranah politik, tapi lebih kepada menggerakkan dan memberdayakan masyarakat. Dengan begitu, bisa saling mengisi dengan partai,” urainya.

Alumnus Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya ini menambahkan, soal figur calon, pihaknya menyerahkan sepenuhnya pada mekanisme dan ketentuan yang telah digariskan partai. Termasuk dalam konteks koalisi.

Oleh karena itu, pada prinsipnya apapun keputusan partai, Repdem sebagai sayap partai siap mengamankan. Soal calon potensial, Repdem sangat yakin kalau PDI Perjuangan memiliki stok paling banyak dibandingkan dengan partai lain di Jawa Timur.

Dia menambahkan, Repdem juga akan melakukan konsolidasi internal dengan 25 DPC Repdem yang ada di Kabupaten/Kota se-Jatim. Hal itu dilakukan untuk menyolidkan organisasi sekaligus menyamakan visi dalam menyongsong sejumlah agenda penting seperti Pilkada serentak 2018, Pileg dan Pilpres 2019.

“Konsolidasi ini juga dilakukan untuk mempersiapkan Repdem Jatim dalam menyongsong Kongres Repdem di Jakarta tahun ini. Selain itu, kami juga mempersiapkan pembentukan Repdem di 13 kabupaten/kota di Jatim. Karena kami tidak ingin hanya menjadi organisasi papan nama,” ujarnya. (goek)