Rayakan HUT ke-50 Partai, PDIP Banyuwangi Gelar Dapur Umum dan Sosialisasi Cegah Stunting

 148 pembaca

BANYUWANGI – DPC PDI Perjuangan Kabupaten Banyuwangi mendirikan dapur umum dengan berbagai menu makanan sehat sekaligus menyosialisasikan Gerakan Hidup Sehat Cegah Stunting di Kelurahan Gombensari, Senin (23/1/2023).

Kegiatan dapur umum yang menghadirkan ratusan ibu hamil (bumil) tersebut dibuka langsung Ketua DPC PDI Perjuangan Banyuwangi, I Made Cahyana Negara, didampingi Sekretaris DPC , Ficky Septalinda.

Hadir dalam kegiatan tersebut, di antaranya, anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Banyuwangi, jajaran DPC PDI Perjuangan Banyuwangi, dan PAC PDI Perjuangan se-Banyuwangi.

Ketua DPC PDI Perjuangan Banyuwangi, I Made Cahyana Negara, mengatakan, penyajian makanan sehat sekaligus sosialisasi Gerakan Hidup Sehat Cegah Stunting ini merupakan bentuk kepedulian PDI Perjuangan sekaligus upaya membantu pemerintah dalam mengurangi masalah gizi kronis pada anak atau stunting.

“Presiden Jokowi meminta angka kasus stunting harus turun dan ditekan menjadi 14 persen di tahun 2024. Sebab itu, dalam momentum HUT ke-50 PDI Perjuangan ini, kami membuka dapur umum pemenuhan gizi bagi ibu hamil untuk mencegah stunting,” ujar Made.

Ketua DPRD Kabupaten Banyuwangi itu juga menjelaskan, pemerintah menargetkan pada tahun 2045, generasi emas Indonesia mampu memajukan Indonesia untuk menjadi salah satu negara pemimpin dunia.

“100 tahun Indonesia merdeka, stunting harus benar-benar tidak ada. Stunting ini adalah tanggungjawab bersama,” tuturnya.

“Kami, segenap kader PDI Perjuangan membantu mengentaskan stunting. Kami hadir untuk masyarakat dan membantu pemerintah. Kita semua ingin agar anak Indonesia sehat dan tercukupi kebutuhan gizinya,” lanjutnya.

Sementara itu, sekretaris DPC PDI Perjuangan Banyuwangi, Ficky Septalinda, mengatakan, kegiatan dapur umum dan sosialisasi Gerakan Hidup Sehat Cegah Stunting merupakan salah satu rangkaian HUT ke-50 PDI Perjuangan sekaligus sebagai kado ulang tahun ke-76 Ketua Umum PDI Perjuangan, Prof. Dr. (HC) Hj. Megawati Soekarnoputri, pada tanggal 23 Januari 2023.

“Kegiatan dapur umum dan sosialisasi Gerakan Hidup Sehat Cegah Stunting ini dilaksanakan secara serempak seluruh DPC PDI Perjuangan dengan sasaran anak-anak dan ibu hamil, tepat pada tanggal 23 Januari 2023,“ ujar Ficky.

Ficky menegaskan, kegiatan dapur umum dan sosialisasi Gerakan Hidup Sehat Cegah Stunting tidak hanya dilaksanakan sebagai simbolis. Akan tetapi berkelanjutan di tingkat PAC dengan melibatkan unsur masyarakat.

“Hal ini sejalan dengan arahan Ketua Umum PDI Perjuangan dalam perayaan HUT ke-50, tanggal 10 Januari 2023 kemarin, yang memerintahkan kepada seluruh kadernya untuk turun ke bawah, bekerja dan berjuang bersama masyarakat,“ tandasnya. (ryo/set)

Tinggalkan Balasan