oleh

Puti Salurkan APD ke RS Unair dan RSI Jemursari

SURABAYA – Jumlah kasus penyebaran Covid-19 di Jawa Timur yang mengalami peningkatan membuat Anggota Komisi X DPR RI, Puti Guntur Soekarno prihatin. Cucu Soekarno ini secara khusus menyalurkan alat pelindung diri (APD) ke Rumah Sakit (RS) Unair dan Rumah Sakit Islam (RSI) Jemursari, Surabaya.

Ada 150 pasang APD dengan jenis Gown Cover All, Sepatu Booth, Masker N 95 dan sarung tangan steril untuk RS Unair dan 100 pasang APD dengan jenis yang sama untuk RSI Jemursari.

Sumbangan alat APD ini diterima langsung oleh Direktur RS Unair, Prof. Dr. Nasronudin, dr.,Sp.PD. K.PTI.,FINASIM bersama jajaran manajemen, serta perwakilan RSI Jemursari di ruang pertemuan RS Unair.

“Ada 150 pasang APD yang kami salurkan ke Unair dan 100 pasang APD ke RSI Jemursari. Mbak Puti (Puti Guntur Soekarno) ingin penyaluran tepat sasaran,” kata Aliyuddin, Staf TA Puti Guntur Soekarno, Sabtu (16/5/2020).

Ali mengatakan, sejumlah APD ini merupakan sumbangan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI hasil dari dorongan Puti untuk disalurkan kepada RS Unair dan RSI Jemursari.

Menurutnya, sumbangan alat kesehatan ini akan mendorong dokter dan petugas kesehatan untuk lebih semangat dalam menolong penderita Covid-19.

Anggota Komisi X DPR RI Puti Guntur Soekarno melalui telekonferensi dengan jajaran manajemen RS Unair dan RSI Jemursari meminta supaya dokter dan petugas kesehatan menjaga semangat dalam bekerja.

Dirinya akan mendorong pemerintah untuk memperhatikan rumah sakit yang serius memperhatikan pasien-pasien Covid-19.

“Kita tidak tahu wabah ini sampai kapan, saya berharap dokter dan petugas kesehatan menjaga semangatnya. Kami di DPR akan mendorong pemerintah untuk memperhatikan rumah sakit yang peduli wabah ini,” kata Puti.

Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR RI dari dapil 1 Jawa Timur (Surabaya-Sidoarjo) ini akan minta pemerintah untuk mengalokasikan anggaran dalam meningkatkan riset dan pengembangan penanganan Covid-19.

“Pemerintahan Pak Jokowi ini fokus pada pengembangan riset. Kami akan mendorong pemerintah untuk memperhatikan riset yang telah dilakukan,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur RS Unair, Prof Nasronudin mengaku sangat senang dengan penyaluran sumbangan APD ke tempatnya. Menurut dia, sumbangan ini sangat berarti karena dokter dan petugas kesehatan sangat membutuhkan untuk melayani pasien-pasien yang terkena Covid-19.

“Kami berterima kasih ke komisi X melalui Mbak Puti yang telah menyalurkan APD. Tanpa campurtangan beliau, belum tentu sumbangan ini bisa cepat sampai disini (RS Unair),” kata Nasron.

Dia mengharapkan supaya DPR RI mendorong pemerintah untuk lebih memperhatikan RS-RS yang terlibat menangani pasien Covid-19. Bahkan, jika dibutuhkan RS-RS yang menangani Covid-19 bisa difasilitasi untuk memakai robot dalam penangannya.

“Kita sudah menggunakan robot dalam penanganan pasien. Kita mendorong pemerintah untuk memfasilitasi RS lain juga menggunakan robot untuk menangani pasien Covid-19,” ujarnya. (her)