Porwanas 2022 Dimulai Besok, Kusnadi Optimis Jawa Timur Sapu Bersih 28 Emas

 270 pembaca

SURABAYA – Komandan Kontingen Porwanas Jawa Timur Kusnadi bertekad untuk menyapu bersih 28 medali emas pada perhelatan Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) 2022 di Malang Raya, 21-27 November 2022.

Gelaran Porwanas XIII akan mempertandingkan sepuluh cabang olahraga. E-sport, sepak bola, futsal, atletik, catur, bridge, bulu tangkis, tenis lapangan, tenis meja, biliar, karya jurnalistik, serta lomba eksibisi IKWI.

Pria yang juga Ketua DPRD Provinsi Jatim itu optimistis kontingen Jatim dapat menyapu bersih medali emas karena telah menjalani pemusatan latihan yang cukup panjang.

“Kalau Ketua PWI target juara umum cukup 14 emas, saya ingin Jawa Timur sapu bersih 28 emas,” kata Kusnadi, saat melakukan koordinasi kontingen Jawa Timur di Gedung PWI Jatim, Surabaya, Sabtu (19/11/2022).

Pada kesempatan itu, Kusnadi kembali menyampaikan motivasi untuk menyapu bersih emas agar tidak malu dengan tim lain.

“Misal bridge dapat emas, tapi sepak bola dapat perak kan kasihan, malu. Makanya semua harus menang,” ujarnya disambut tawa dan tepuk tangan kontingen.

Untuk menambah semangat tim Jawa Timur, pria yang juga Ketua DPD PDI Perjuangan Jatim itu berkomitmen untuk hadir pada setiap pertandingan dan memberikan dukungan secara langsung.

Tak lupa dia menyampaikan terima kasih atas kepercayaan dan kehormatan yang diberikan PWI Jatim dengan menunjuknya sebagai komandan kontingen. “Kepercayaan ini akan saya pertanggungjawabkan sebaik-baiknya,” tandas Kusnadi.

“Selamat bertanding. Berangkat dan pulang dengan selamat, serta bertanding lah dengan bahagia,” ucap dia.

Ketua PWI Jatim Lutfil Hakim mengapresiasi kehadiran Kusnadi yang menyempatkan waktu di tengah kesibukannya untuk memberikan motivasi ke kontingen Jatim. “Bukti Ketua DPRD kita memang bijaksana,” puji Lutfil.

Secara garis besar, pihaknya mengincar sukses prestasi sekaligus penyelenggaraan. Dari segi prestasi, Jatim berburu emas sebanyak mungkin, sedangkan dari sisi penyelenggaraan, Jatim ingin menjadi tuan rumah yang baik bagi seluruh kontingen

“Semoga semuanya berjalan lancar. Berusahalah menjadi juara umum di Porwanas nanti,” pesan alumnus Universitas Negeri Jember itu.

Porwanas XIII 2022 akan diikuti 2.200 atlet dan ofisial dari seluruh Indonesia. Itu belum termasuk rombongan pengiring yang diperkirakan mencapai ribuan orang.

Lutfil menambahkan bahwa Porwanas XIII 2022 bukan sekadar ajang olahraga antarwartawan. Melainkan juga ajang promosi pariwisata Jatim.

Sebab, selama gelaran Porwanas XIII 2022 berlangsung pada 21-27 November 2022, juga akan berlangsung expo di Batu dan Malang.

Sementara itu, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa secara resmi melepas kontingen Jatim menuju Porwanas XIII 2022. Khofifah berharap Jatim tidak hanya sukses penyelenggaraan, tapi juga sukses prestasi.

Upacara pemberangkatan kontingen Jatim dilaksanakan di Gedung Negara Grahadi pada Sabtu (19/11/2022) sore. Khofifah berharap Jawa Timur menjadi tuan rumah yang baik, yang memberi pelayanan terbaik bagi kontingen lainnya.

“Selain itu, karena Jawa Timur juga mengirim kontingen, maka harapannya pelaksanaan baik, seluruh proses Porwanas berjalan baik, dan kita berharap hasil terbaik. Jawa Timur juara umum,” ucap Khofifah. (goek)