oleh

“Pokok-e Aku Milih Putune Bung Karno”

-Berita Terkini-14 kali dibaca

PASURUAN – Cawagub Jawa Timur Puti Guntur Soekarno semakin mendekatkan diri dengan rakyat. Seperti pada Senin (16/4/2018) Puti mendatangi sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Pasuruan.

Selama blusukan ke pasar-pasar, perempuan kelahiran Jakarta itu ditemani Cabup Pasuruan Gus Irsyad dan Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jatim Sri Untari.

Di Pasar Prigen, banyak masyarakat yang sudah mengenal Puti. Tidak sedikit pengunjung maupun pedagang yang mengelu-elukan nama Puti.

Bahkan mereka berusaha bersalaman dan memeluk Puti. Ada pula yang mengajak berswafoto. “Pokok-e aku milih putune Bung Karno,” celetuk seorang pedagang.

Puti kemudian berkeliling dan menyapa satu persatu pedagang pasar. Hampir semua lapak dikunjunginya. Dia menanyakan problem yang biasa dihadapi pedagang.

Tak lupa, Puti mengajak para pedagang untuk ikut memilih pada Pilkada Jatim, Juni mendatang. Seusai dari Pasar Prigen, Puti bergeser ke Pasar Pandaan. Sambutan yang diterimanya tak jauh berbeda.

Puti juga mendengarkan keluhan pedagang Pasar Pandaan. Salah satunya adalah Sumarni. Perempuan yang berjualan buah itu mengeluhkan soal akses jalan menuju pasar tersebut.

“Saya nitip jalan pasar tolong dibenahi. Mbak Puti tak doakan jadi Wagub,” ucap Sumarni.

Mendengar hal itu, Putipun berjanji akan semaksimal mungkin membenahi fasilitas. Bukan hanya soal akses jalan, tapi juga fasilitas-fasilitas yang lain. “Mulai fasilitas tempat sampah, perbaikan akses jalan serta fasilitas lain yang dibutuhkan,” terangnya.

Bersama Gus Ipul, salah satu perhatian Puti adalah merevitalisasi pasar tradisional. Revitalisasi bukan berarti menggusur yang lama. “Pasar tradisional harus tetap ada dengan ditata agar semakin rapi, bersih dan sehat,” tambah cawagub nomor urut dua tersebut.

Selepas blusukan ke sejumlah pasar, Puti mengunjungi pabrik sepatu PT Berkat Ganda Sentosa di Gunung Gangsir. Puti menyapa para karyawan pabrik yang sudah mampu mengekspor produknya ke mancanegara itu.

 

Puti begitu antusias mengamati langsung proses produksi sepatu. Dengan ramah, Puti menyapa para karyawan pabrik.

Saat keliling pabrik, Manager Personalia pabrik HM Jazuli Marius turut mempromosikan Puti. Dia berpesan agar para karyawan tidak salah pilih pada Pilkada Jatim mendatang. “Iki mbak Puti. Ojok lali dipilih tanggal 27 Juni coblos nomor dua,” serunya.

Sementara itu owner PT Berkat Ganda Sentosa Hengky Soesanto mengaku bersyukur Puti sudi mengunjungi tempatnya. Dia lantas menyampaikan beberapa keluhan kepada Puti. “Sebenarnya kalau perusahaan padat karya seperti kita ini hanya terkendala masalah bahan baku. Karena kita masih harus impor dari Tiongkok dan Vietnam,” keluhnya.

Menanggapi persoalan tersebut, Puti lantas menjelaskan tentang program Superstar. Dia bersama Gus Ipul akan mendorong agar bahan baku tetap tersedia tanpa harus mengimpor. “Meskipun kualitas sepatunya ekspor, bahan baku harus tersedia dari Indonesia,” ujarnya. (jp)