oleh

Pilwabup Tulungagung, Jago PDI Perjuangan Menang Telak

-Headline-246 kali dibaca

TULUNGAGUNG – Cawabup yang diusung PDI Perjuangan Gatut Sunu Wibowo, memenangi pemilihan Wakil Bupati Tulungagung sisa masa jabatan tahun 2018-2023 yang digelar dalam sidang paripurna DPRD Tulungagung, Sabtu (18/9/2021).

Dia menang dengan suara cukup telak, yakni 34 suara dari 49 suara sah pemilih dari anggota DPRD Tulungagung. Sementara cawabup yang diusung Partai Nasdem, Panhis Yody Wirawan memperoleh 15 suara.

Kemenangan Gatut Sunu sudah terlihat ketika anggota dewan asal lima parpol menyatakan memberi suaranya secara terbuka dalam rapat paripurna. Kelima parpol tersebut adalah PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai Gerindra, Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Kelima parpol tersebut utuh memberi suara sebanyak 29 suara. Rinciannya, PDI Perjuangan dengan jumlah 12 suara, Partai Golkar (6 suara), Partai Gerindra (5 suara), Partai Demokrat (3 suara) dan PKS (3 suara).

Pemberian suara secara terbuka dan membuat Gatut Sunu unggul sementara tersebut membuat Ketua DPD Partai Nasdem Tulungagung, Ahmad Djadi, meminta Cawabup Panhis pulang dan meninggalkan tempat pemungutan suara di Kantor DPRD Tulungagung.

Namun demikian, meski Panhis meninggalkan Kantor DPRD Tulungagung, acara pemungutan suara tetap berlangsung.

Terlebih anggota dewan dari lima parpol lainnya, yakni PKB, Hanura, PAN, PPP dan PBB menghendaki pemungutan suara tetap dilanjutkan juga dengan pemberian suara secara rahasia. Mereka lebih memilih melakukan pencoblosan surat suara di bilik suara.

Hasil penghitungan surat suara sampai berakhirnya pencoblosan, Gatut Sunu memperoleh 34 suara sah, Panhis memperoleh 15 suara sah, dan suara tidak sah nol suara.

Usai penghitungan suara, Gatut Sunu menyatakan rasa syukurnya karena terpilih sebagai Wabup Tulungagung. “Alhamdulillah. Terima-kasih pada anggota dewan yang telah memilih saya,” ucapnya tak kuasa menahan air matanya.

Dia berharap dengan selesainya pemungutan suara pilwabup, semua dapat bersatu kembali. Utamanya, anggota DPRD Tulungagung yang melakukan pemilihan.

“Mari kita bersatu kembali. Saling bergandengan tangan untuk membangun Tulungagung yang lebih baik,” ajak Gatut.

Dia juga menyatakan siap mengemban amanah sebagai Wabup Tulungagung sebaik mungkin. “Sesudah ini kami akan berkoordinasi dengan Bapak Bupati Maryoto Birowo,” pungkasnya. (atu)