oleh

Pesan Inda Pasca Libur Lebaran: Waspadai Klaster Keluarga

-Eksekutif-153 kali dibaca

KOTA MADIUN – Wakil Wali Kota Madiun Inda Raya mengingatkan masyarakat agar mewaspadai klaster keluarga yang berpotensi muncul pasca Lebaran. Masyarakat juga diminta aktif memonitor perkembangan Covid-19.

“Kita juga memantau pemudik dari luar daerah maupun para pekerja migran agar jangan sampai ada klaster keluarga usai Lebaran ini. Kalaupun ada, harus segera ditindaklanjuti,” tutur Inda Raya, Selasa, (18/5/2021).

Untuk menekan penyebaran Covid-19, pihaknya pun melakukan rapid test antigen pada arus balik serta menyiagakan SDM, tempat isolasi mandiri, dan rumah sakit selama 14 hari ke depan.

Politisi PDI Perjuangan ini menambahkan, terkait antisipasi kewaspadaan dini terhadap lonjakan kasus konfirmasi positif Covid-19, pihaknya telah mendapat arahan langsung dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Sesuai arahan Presiden Jokowi, lanjut Inda, Pemkot Madiun dalam hal ini Satgas Covid-19 secepatnya akan mengecek kesiapan segala fasilitas yang disediakan untuk penanganan Covid-19 di Kota Pendekar. Seperti RSUD Sogaten dan RSUP Dr. Soedono.

“Selain mengetatkan protokol kesehatan, kita juga harus mempersiapkan diri dan selalu cek fasilitas untuk pelayanan isolasi maupun perawatan di rumah sakit,” urainya.

Dia mengingatkan kembali kepada warga agar ekstra waspada jika di lingkungannya ada pemudik maupun pekerja dari luar negeri.

Jika ada gejala, imbuh Inda, agar segera memberikan informasi kepada Satgas Covid-19 yang ada di kelurahan maupun tingkat di atasnya. Apalagi, saat ini telah terjadi mutasi baru virus Covid-19. (ant/pr)