oleh

Peringati Haul Bung Karno, Relawan Rumah De GIRI Banyuwangi Gelar Doa Bersama

BANYUWANGI – Rumah De GIRI (DEmokrasi, Gagasan, dan InspiRasI), Rumah Aspirasi anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR RI, Sonny T Danaparamita menyelenggarakan kegiatan doa bersama dalam rangka memperingati Haul ke-51 Bung Karno, Kamis (24/6/2021).

Erick Trisdiantana, Direktur Rumah De GIRI Banyuwangi mengatakan, Haul Bung Karno menjadi agenda tahunan bagi Relawan Rumah De GIRI sebagai upaya untuk menjaga semangat nasionalisme dan rasa cinta tanah air serta wujud solidaritas dan kebersamaan di antara barisan nasionalis Pancasialis.

“Haul Bung Karno merupakan agenda rutin kami di De GIRI setiap tahunnya, karena ini adalah upaya kami dalam merewat nilai-nilai nasionalisme serta merajut rasa solidaritas barisan Nasionalis, Soekarnois di Banyuwangi,” ungkapnya.

Kegiatan tersebut juga mengundang beberapa kelompok Nasionalis-Soekarnois, yang ada di wilayah Banyuwangi, di antaranya Relawan Satu Tumpah Darah (dari Kec. Genteng dan Kec. Cluring), Perwakilan Organisasi Jaringan Kemandirian Nasional (JAMAN), dan Perwakilan Pemuda Karang Taruna di Banyuwangi.

Wakil Sekretaris DPC PDI Perjuangan Banyuwangi tersebut menjelaskan, meski kepergian Sang Proklamator sudah 51 tahun yang lalu, Bung Karno tetap mengisi ruang istimewa dalam hati dan pemikiran Bangsa Indonesia.

Hal itu sebagai bukti bahwa kharisma Bung Karno begitu kuat tertancap. Selain itu, diakui bersama bahwa Bung Karno meninggalkan banyak warisan luar biasa bagi Bangsa Indonesia, salah satunya Pancasila, yang hingga kini digunakan sebagai Ideologi pemersatu Bangsa Indonesia.

“Pancasila menjadi salah satu mahakarya dari Bung Karno, yang dapat menjadi magnet untuk mempersatukan keberagaman yang ada di negeri ini. Karena jasa besar dari Bung Karno inilah kita sebagai generasi muda harus dapat meneladani jiwa dan semangat dari sosok Bung Karno,” tandasnya.

Meski tak dapat hadir secara langsung di Rumah Aspirasinya, Sonny T. Danaparamita saat dikonfirmasi menyampaikan apresiasinya kepada seluruh relawan dan generasi muda yang telah hadir mengikuti kegiatan Haul Bung Karno tersebut.

“Terima kasih kepada seluruh relawan yang hadir. Mari kita warisi spirit perjuangan Bung Karno dan terus menginternalisasi nilai-nilai luhur Pancasila di dalam upaya mewujudkan cita-cita Bangsa Indonesia, yakni tercapainya kesejahteraan rakyat Indonesia,” ujarnya. (ryo/set)