Percantik Pantai Joko Mursodo, DPC Lamongan Tanam Cemara Udang dan Tabebuya

 112 pembaca

LAMONGAN – Pendampingan mewujudkan atau memperkuat desa wisata kembali dilakukan kader-kader PDI Perjuangan di Lamongan. Kali ini, mempercantik wisata Pantai Joko Mursodo melalui aksi nyata menanam sejumlah bibit pohon cemara udang dan tabebuya.

Sekretaris DPC PDI Perjuangan Lamongan, Reso Supranoto, Senin (24/1/2022), mengatakan, penanaman pohon dilakukan di sepanjang garis Pantai Joko Mursodo, Desa Lohgung, Kecamatan Brondong.

Penanaman pohon melibatkan struktur partai di Kecamatan Brondong dan Paciran serta Pemerintah Desa, Rukun Nelayan, Pokdarwis Joko Mursodo, ormas dan tokoh masyarakat Desa Lohgung. Sejumlah pohon tersebut gotong royong dari anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR RI daerah pemilihan Lamongan-Gresik, Nasyirul Falah Amru.  

Reso Supranoto menjelaskan, gerakan tanam pohon hari Minggu (23/1) kemarin dalam rangka peringatan HUT ke-49 PDI Perjuangan sekaligus hadiah ulang tahun ke-75 Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum Partai.

“Semoga ibu Megawati senantiasa diberikan kesehatan, kekuatan dan diberi umur panjang oleh Allah SWT. Agar bisa mendedikasikan diri kepada ibu Pertiwi,” kata Reso kepada pdiperjuangan-jatim.com di Lamongan.

Gerakan tanam pohon tahun ini sengaja dipilih lokasi sepanjang garis pantai dan Desa Lohgung. Secara khusus, sebagai dukungan nyata PDI Perjuangan kepada masyarakat untuk mewujudkan atau memperkuat desa wisata, seperti halnya pendampingan dilakukan kader-kader PDI Perjuangan saat mewujudkan destinasi wisata Taman Airlangga, Pataan tahun kemarin.

Baca juga: Gus Falah Realisasikan Wisata Taman Airlangga Pataan, Lamongan

Sementara itu, Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan Lamongan yang juga Wakil Ketua DPRD Lamongan, Drs H Darwoto MM berharap, semua pihak merasa memiliki dan peduli terhadap kelestarian alam, khususnya terhadap lingkungan pantai ini. Sekian waktu membina Desa Lohgung, Darwoto melihat berbagai potensi yang ada untuk dioptimalkan guna mendongkrak kesejahteraan warga.

“Kami berharap semua pihak bisa membudayakan tanam pohon untuk menjaga kelestarian alam dan lingkungan sekitar, khususnya wilayah pantai ini,” ujar H Darwoto.

Baca juga: H Darwoto Ngopi Bareng Nelayan Brondong, Serap Aspirasi dan Beri Bantuan

Dipilihnya pohon cemara udang dan tabebuya untuk ditanam di pantai ini dengan pertimbangan untuk semakin mempercantik pantai yang mulai ramai di kunjungi wisatawan. Cemara udang sebagai salah satu tanaman peneduh, penahan angin dan pelindung tanaman pertanian.

Demikian pula daun-daunnya yang kering bisa digunakan sebagai mulsa untuk menjaga kelembaban tanaman pertanian. Sementara tabebuya, dengan warna warni bunganya yang menarik, kelak saat berbunga diharapkan semakin mempercantik paras pantai.  

Wisata Pantai Joko Mursodo dikelola oleh pihak pemerintah desa dan warga masyarakat Desa Lohgung. Pantai berpasir putih itu sempat viral di media sosial setempat dengan spot-spot foto berlatar pohon bakau, maupun tanuki (pohon mati berusia tua) di pinggir pantai. Warga melengkapi dengan sejumlah sarana seperti gazebo, ayunan, hingga lokasi perkemahan. (mnh/hs)