oleh

PDI Perjuangan Siapkan 700 Ribu Saksi di Pilkada Jatim

SURABAYA – PDI Perjuangan Jawa Timur menyiapkan 700 ribu saksi andal di setiap tempat pemungutan suara (TPS) di Jawa Timur.

Bahkan para saksi telah dibekali dengan alat khusus untuk bisa menghitung secara akurat suara pencoblosan Pilkada Jatim 2018, maupun Pemilu 2019.

Sekitar 700 ribu saksi itu akan melihat langsung jalannya perhitungan suara di tempat pemungutan suara hingga tingkat RT.

Terkait itu, Badan Saksi Pemilu Nasional (BSPN) PDI Perjuangan Jatim sudah melakukan persiapan jelang pemilihan gubernur dan pemilu legislatif tersebut.

Selama dua sejak 29 Januari 2018, BSPN Jawa Timur menggelar Training of Trainer Saksi/Guraklih di Asrama Haji, Sukolilo, Surabaya.

Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jawa Timur, Sri Untari mengatakan, tim saksi penghitungan suara di TPS telah mendapat pengarahan dari tim pemenangan pileg maupun pilgub.

“Terutama dalam masalah penghitungan suara di setiap TPS. Sehingga, nantinya tidak ada kecurangan dalam penghitungan TPS yang mungkin dilakukan pihak panitia penghitungan suara,” kata Sri Untari, kemarin

Di samping itu juga, PDI Perjuangan Jawa Timur telah menjalankan mesin politik ke seluruh penjuru Provinsi Jatim guna memenangkan suara pasangan cagub-cawagub Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Puti Guntur Soekarno (Mbak Puti).

Untari menambahkan, setiap anggota BSPN punya keahlian khusus dalam hal perhitungan suara. Menurut dia, rata-rata anggota BSPN berasal dari kader PDI Perjuangan yang militan. (goek)