oleh

PDI Perjuangan Jadi Peserta Pemilu, Ini Instruksi Megawati

JAKARTA — Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menginstruksikan agar partai terus melakukan konsolidasi setelah ditetapkan sebagai salah satu peserta Pemilu 2019 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menyebutkan, bahwa Megawati juga berpesan agar pengurus partai melakukan perekrutan calon anggota legislatif di seluruh tingkatan dengan mengedepankan kriteria ideologis atas dasar Pancasila.

Selain itu harus mengedepankan kepemimpinan untuk rakyat, pemahaman terhadap pelaksanaan fungsi legislasi, anggaran, dan pengawasan. Mengedepankan pula representasi serta aspek kepribadian termasuk integritas dan komitmen menghadirkan watak politik yang membangun peradaban bangsa.

“Seluruh anggota dan kader partai agar bekerja keras, berdisiplin dan bergerak di tengah rakyat,” ujar Hasto menyampaikan pesan Megawati, kemarin.

Bagi PDI Perjuangan, katanya, pemilu adalah alat bagi rakyat berdaulat untuk menentukan para wakilnya di lembaga legislatif.

Dia menegaskan PDIP berkomitmen menjadikan pemilu untuk penyampaian gagasan terbaik bagi rakyat, bangsa, dan negara. (Baca juga: Lolos Verifikasi, PDIP Siap Dukung Jokowi sebagai Capres 2019)

Selain itu, PDI Perjuangan berkomitmen mendukung pemerintahan Presiden Jokowi dan seluruh penyelenggara pemilu guna mendorong pemilu yang lebih demokratis dengan asas pemilu langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.

PDIP juga memberikan apresiasi kepada KPU, Bawaslu, dan DKPP (Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu) yang telah bekerja profesional dan independen. Hal tersebut, katanya, menjadi awal yang baik bagi peningkatan kualitas demokrasi Indonesia.

Sementara, terkait lolosnya 4 parpol baru menjadi peserta Pemilu 2019, Hasto menyatakan turut bergembira.

“Kami ucapkan selamat atas lolosnya 4 Partai baru yakni Perindo, PSI, Partai Garuda, dan Partai Berkarya sebagai peserta Pemilu 2019,” ujarnya.

Ia menyadari untuk membangun Indonesia dibutuhkannya semangat gotong royong. “Kami sadari bahwa untuk membangun bangsa yang besar ini perlu dukungan seluruh elemen bangsa dengan spirit gotong royong,” lanjut Hasto.

Pihaknya juga tidak menutup kemungkinan akan bekerjasama dengan partai yang baru bergabung dalam peserta pemilu 2019.

“Ke depan kami akan membangun komunikasi dengan siapa pun termasuk 4 partai yang baru saja dinyatakan lolos oleh KPU untuk turut bersama-sama memberikan kontribusi positif bagi bangsa ini dan turut mengawal roda Pemerintahan Jokowi yang sudah berjalan baik,” pungkasnya. (goek)