oleh

PDI Perjuangan Banyuwangi Ajak Masyarakat Gelorakan Semangat Cinta Tanah Air Melalui Senam Sicita

-Kronik-23 kali dibaca

BANYUWANGI – Bertepatan dengan momentum Hari Kebangkitan Nasional, DPC PDI Perjuangan Banyuwangi menggelar kegiatan Senam Indonesia Cinta Tanah Air (Sicita). Kegiatan senam tersebut digelar secara serempak di lima lokasi berbeda, Jum’at pagi (20/05/2022).

Ketua DPC PDI Perjuangan Banyuwangi, I Made Cahyana Negara, mengatakan, kegiatan senam Sicita tersebut diikuti lebih dari 1000 orang yang terdiri atas seluruh elemen pengurus, kader, dan simpatisan PDI Perjuangan Banyuwangi.

“Hari ini, PDI Perjuangan Banyuwangi melaksanakan kegiatan Senam Indonesia Cinta Tanah Air, di lima lokasi sekaligus, dengan total peserta lebih dari 1000-an orang. Melalui senam Sicita ini, PDI Perjuangan ingin menggelorakan semangat sehat kepada seluruh masyarakat Indonesia agar secara fisik sehat dan secara jiwa lebih mencintai tanah air,“ ujar Made.

Menurut Made, gerakan senam yang diciptakan oleh PDI Perjuangan ini, selain bisa menyehatkan, juga diharapkan bisa membangun nation and character building, dengan tujuan meningkatkan imunitas tubuh serta mewujudkan mens sana in corpore sano.

“ Harapannya mens sana in corpore sano bisa terbentuk dan masyarakat Indonesia akan lebih sehat dan lebih mencintai tanah air,“ ungkap Ketua DPRD Kabupaten Banyuwangi itu.

Senam Sicita didesain dan diluncurkan oleh DPP PDI Perjuangan pada awal Januari 2022. Gerakan-gerakannya membuat tubuh menjadi segar dan bugar. Senam akan diiringi lagu-lagu khas Indonesia, aransemen musik dan lagu nasional, lagu perjuangan, dan lagu-lagu daerah di tanah air.

“Semoga melalui senam Sicita ini menjadi modal kita untuk tetap berada di tengah-tengah masyarakat dalam rangka menggelorakan sehat jiwa dan raganya,“ terang Made.

Tidak hanya diikuti kader PDI Perjuangan, kegiatan senam Sicita tersebut juga disambut antusias oleh masyarakat. Banyak masyarakat yang ikut ambil bagian dalam senam Sicita tersebut.

Syafira Allmaeda Falensia, salah seorang warga yang mengikuti senam Sicita, menyampaikan, jika dibandingkan dengan gerakan senam yang lain, Sicita lebih mudah untuk diikuti gerakannya, sehingga mudah diingat dan diterima oleh masyarakat.

Di samping itu, lagu yang dibawakan dalam senam Sicita ini adalah lagu-lagu nasional, sehingga selain dapat meningkatkan daya tahan tubuh, juga dapat meningkatkan nilai-nilai kebangsaan, nilai-nilai budaya lokal dan nasional.

“Melalui gerakan senam Sicita yang mudah, kita serasa lebih segar dan fresh dalam upaya menjaga kesehatan tubuh. Semoga kegiatan senam yang digelar PDI Perjuangan ini bisa terus berkesinambungan,“ ujarnya penuh harap. (ryo/set)