oleh

Pasca Banjir, Baguna Baksos Pengobatan Gratis di Sidoarjo

pdip-jatim-baguna-bakos-darjoSIDOARJO – Beberapa hari pasca banjir merendam  sejumlah tempat di Sidoarjo, banyak warga terserang penyakit yang dibawa air kotor banjir.

Hal itu terungkap saat tim medis Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) DPD PDI Perjuangan Jatim bekerja sama dengan Baguna Sidoarjo menggelar pengobatan gratis di Ketegan, Kecamatan Taman, Minggu (16/10/2016) siang.

Menurut Sekretaris Baguna Jatim Bayu Utoro, ada 185 warga Ketegan yang memanfaatkan baksos pasca banjir yang dimulai dari jam 10.00 sampai jam 15.00.

“Sebagian besar terserang kutu air di kaki (rangen). Kami kasih salep dan obat dalam. Lalu ada yang kena ISPA, diare dan menret-mencret,” jelas Bayu.

Untuk diketahui, Ketegan menjadi salah satu tempat yang terendam banjir beberapa saat lalu. Banjir disebabkan salah satunya karena luapan air Kali Buntung akibat hujan deras sepekan lalu.

“Banjir kemarin yang paling parah. Tingginya sampai perut,” kata Nyoto, warga setempat.

Sementara itu, Ketua DPC PDI Perjuangan Sidoarjo Tito Pradopo mengatakan, baksos pengobatan gratis akan kembali dilanjutkan Senin besok.

“Untuk titiknya nanti malam baru kita pastikan. Yang jelas di sepanjang aliran Kali Buntung,” katanya. (hs)