oleh

Mulai Jumat, PDI Perjuangan se-Jatim Gelar Rakercab

-Headline-126 kali dibaca

SURABAYA – Mulai Jumat (4/6/2021), PDI Perjuangan se-Jawa Timur menggelar Rapat Kerja Cabang (Rakercab). Agenda konsolidasi internal ini sebagai persiapan Rakerda PDI Perjuangan Jatim dan Rakernas yang bakal digelar Agustus depan.

“Rakercab kali ini akan dipimpin langsung oleh DPP Partai melalui zoom. Kehadiran pengurus DPD Jawa Timur di masing-masing titik lebih untuk memastikan kelancaran dan tertibnya Rakercab. Karena jika hanya melalui zoom ada banyak keterbatasan,” jelas Wakil Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jawa Timur, SW Nugroho, Kamis (3/6/2021).

Forum rakercab, beber Nugroho, adalah forum rapat cabang yang diperluas. Yakni dengan melibatkan KSB (Ketua, Sekretaris, dan Bendahara) Pengurus Anak Cabang (PAC) di wilayahnya masing-masing.

Rakercab yang juga dihadiri perwakilan Badan-badan Partai, kata Nugroho, membahas program kerja partai, evaluasi program kerja partai, dan menyikapi berbagai persoalan terbaru di wilayahnya.

“Untuk rakercab kali ini, menurut pemahaman saya, setidaknya ada tiga agenda utama, yakni pertama, evaluasi kinerja partai di daerah masing-masing, seperti soal 3 pilar Partai, tata kelola partai yang baik, dan sebagainya,” urainya.

Kedua, soal laporan pelaksanaan konsolidasi partai. Seperti proses Musyawarah Anak Ranting, Musyawarah Ranting, Musancab, termasuk pembentukan badan-sayap Partai, komunitas juang dan rekrutmen anggota baru.

Ketiga, lanjut Nugroho, memperkuat basis politik Partai, dalam hal ini desa, di antaranya dengan melakukan pemetaan desa.

“Hasilnya, di forum itu kemudian dijadikan sebuah rekomendasi untuk dibawa ke rakerda, dan rakernas,” kata politisi yang juga Sekretaris Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jatim ini.

Rakercab kali ini diselenggarakan scara hybrid, di mana DPP hadir melalui zoom. Sementara jajaran pengurus DPC, KSB PAC, dan perwakilan Badan-badan Partai hadir langsung di tempat masing-masing dengan menerapkan protokol kesehatan sangat ketat.

Pembukaan Rakercab yang akan digelar Jumat (4/6/2021), dipusatkan di DPC PDI Perjuangan Surabaya bertempat di Gedung Wanita, Jalan Kalibokor Surabaya mulai pukul 14.00.

Pada saat bersamaan pembukaannya diikuti oleh Rakercab PDI Perjuangan Sidoarjo, Kota dan Kabupaten Pasuruan, serta Kota dan Kabupaten Probolinggo.

“Rakercab berikutnya akan digelar sesuai jadwal, yang se-Jatim setidaknya digelar dalam 6 gelombang. Usai acara Rakercab, akan dilanjutkan dengan kunjungan ke desa percontohan/binaan,” pungkasnya. (goek)

Komentar