oleh

Megawati Minta Kader PDIP Tetap Tenang dan Ikut Jaga Situasi Damai

pdip-jatim-megawati-konpers-pilkada

JAKARTA – Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menegaskan, Indonesia adalah negara hukum. Hukum yang berintikan keadilan, asas praduga tak bersalah, dan prinsip bahwa setiap warga negara memiliki kedudukan yang sama di mata hukum.

Oleh sebab itu, terkait penetapan status tersangka terhadap Gubernur DKI Jakarta non-aktif Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), kata Megawati, PDI Perjuangan menjadikan peristiwa tersebut untuk menghormati proses hukum.

“‎Bagi PDI Perjuangan, pilkada merupakan pesta demokrasi yang selayaknya berjalan secara aman, sehat, dan demokratis dalam memilih pasangan calon kepala daerah terbaik pilihan rakyat,” kata Megawati, Kamis (17/11/2016).

Di tahun 2017, ada 101 daerah yang menggelar pilkada secara serentak. Menurut Mega. Indonesia tidak hanya Jakarta. (Baca juga: Pilkada DKI, PDIP Ajak Kompetisi Secara Sehat)

“Makna pilkada di setiap daerah sama bagi PDI Perjuangan. PDI Perjuangan telah menyiapkan calon yang terbaik di setiap daerah dan sebagian besar mereka telah melalui tahap sekolah partai bagi calon kepala daerah,” jelas Presiden ke-5 RI ini.

‎Pada hari ini, jelasnya, DPP PDI Perjuangan mengumpulkan seluruh pengurus DPD PDIP se-Indonesia, agar semua mendapat arahan yang sama.

Juga semua bergerak satu arah dengan berlandaskan semangat gotong royong bahu membahu menciptakan suasana politik yang aman, damai, dan menjaga empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara (Pancasila, UUD 1945, NKRI, Kebhinekaan Tunggal Ika)

Dia minta kader PDI Perjuangan di seluruh Indonesia tetap tenang, menjaga diri dan ikut serta mendukung terciptanya situasi damai dan aman di seluruh wilayah yang sedang menyelenggarakan pilkada.

PDI Perjuangan, tambahnya, terus menjalankan tugasnya sebagai perekat kebangsaan, membangun tali silaturahim dengan seluruh tokoh masyarakat, dan memastikan bahwa Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Kebhinekaan Indonesia benar-benar dibumikan.

Pihaknya juga tetap mendukung penuh upaya Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wapres Jusuf Kalla di dalam menjalankan perintah konstitusi untuk melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia.

“Pemerintah harus kokoh berdiri dalam prinsip ketuhanan, kemanusiaan, persatuan Indonesia, musyawarah mufakat dan keadilan sosial,” tegasnya.

“Mari kita bersama-sama memberikan dukungan kepada Pemerintahan Bapak Jokowi dan Bapak Jusuf Kalla untuk bekerja semaksimal mungkin, untuk mewujudkan cita-cita Kemerdekaan RI dalam rangka menuju Indonesia Raya,” pungkas Megawati. (goek)