oleh

Megawati Dukung Sinergi Parpol Sikapi Trans-national Crime

pdip-jatim-mega-rakernas-ivJAKARTA – Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mendukung rekomendasi Konferensi Internasional Partai Politik se-Asia (ICAPP) ke-26 terkait kejahatan transnasional.

Trans-national crime itu, kata Megawati, harus disikapi dengan langkah konkret melalui sinergi atau kerja sama antar-partai politik.

“Saya memberikan dukungan itu di dalam memerangi women trafficking, drug trafficking, dan un-trade trafficking,” kata Megawati, dalam pidato penutupan ICAPP, di Gedung DPR, Jakarta, kemarin.

Presiden ke-5 RI tersebut mendengar secara langsung bagaimana ICAPP mampu membahas hal-hal strategis terkait jawaban partai politik atas berbagai persoalan dunia saat ini, yang dinyatakan dalam dokumen yang disebut “Deklarasi Jakarta”.

“Apa yang tertuang dalam Deklarasi Jakarta tersebut sungguh membuat saya pribadi bangga dan sekaligus bergembira,” ujarnya.

Putri Presiden Pertama RI Ir Soekarno itu menjelaskan perhatian yang cukup besar dalam ICAPP terkait persoalan “women trafficking”. Komitmen itu merupakan hadiah bagi wanita Indonesia karena pada tanggal 21 April memperingati pahlawan emansipasi perempuan Indonesia, yakni RA Kartini.

Mega menyambut baik Deklarasi Jakarta, dan komitmen yang terbangun dalam konferensi ini. Dia berharap Deklarasi Jakarta itu akan menjadi daya pendorong keseluruhan proses transformasi partai politik sebagai alat untuk memperjuangkan terwujudnya kesejahteraan rakyat.

Megawati juga mengingatkan tentang ancaman liberalisme dan kapitalisme. Menurutnya, kedua paham itu sering menyusup melalui berbagai isu.

“Liberalisme dan kapitalisme menyusup melalui isu finansial global, isu keterbukaan informasi dan teknologi, isu lingkungan, bahkan acap kali dapat berupa kedok hukum internasional,” urainya.

Dalam kesempatan itu, dia juga berpesan agar tuntasnya ICAPP ke-26 bukan berarti komunikasi dan kerja sama antar-partai politik di Asia ikut berakhir. Sebab, yang terpenting justru spirit kerja sama antar-partai politik dari berbagai negara untuk mewujudkan perdamaian dunia dan kesejahteraan yang berkeadilan sosial bagi rakyat di belahan dunia mana pun.

Sebelum mengakhiri pidato, Megawati menyampaikan salamnya untuk rakyat di negara-negara yang mengirimkan utusan ke ICAPP ke-26. “Sampaikan salam saya kepada rakyat di negara anda, salam solidaritas tanpa batas,” tuturnya. (goek/*)