oleh

Mbak Puan: Mustika Rasa, Potret Kejayaan Kuliner Nusantara

-Kronik-25 kali dibaca

JAKARTA – Ketua DPP PDI Perjuangan sekaligus Ketua DPR RI, Puan Maharani membuka Festival Bakar Ikan Nusantara “Mustika Rasa” di JCC Senayan, Jakarta, Sabtu (25/6/2022).

Festival dilaksanakan serentak oleh 34 DPD PDI Perjuangan dan 500-an DPC se-Indonesia. Sementara acara pembukaan dilakukan secara virtual di Jakarta. Festival bertajuk Mustika Rasa, diambil dari nama buku resep masakan nusantara yang diterbitkan pada era Presiden Soekarno.

Buku resep Mustika Rasa disusun sebuah tim dari Departemen Pertanian sebagai perwujudan kebijakan Presiden Soekarno dalam politik pangan Indonesia. Tim bekerja sejak 1960 sampai 1966, berhasil menyusun 1.600 resep makanan se-Indonesia dalam buku setebal 1.200 halaman.

Buku Mustika Rasa tak sekadar berisi resep makanan utama. Juga ada resep berbagai minuman hingga kudapan atau makanan ringan.

“Bung Karno menginisiasi pengumpulan resep Kuliner nusantara dari berbagai daerah, dibukukan dengan judul Mustika Rasa,” kata Puan Maharani membuka festival.

Cucu Presiden Soekarno itu menambahkan, buku tersebut lengkap dan komplit. Sedianya, buku tersebut untuk menuntun seluruh rakyat Indonesia dalam urusan pangan dengan memanfaatkan berbagai bahan yang tersedia di sekitarnya. Setiap menu dilengkapi dengan takaran bahan hingga cara memasaknya.

“Di buku Mustika Rasa komplit, ada penjelasan bagaimana harus memotong bahan masakan itu harus miring atau lurus,” kata Mbak Puan.

Menurutnya, kuliner nusantara yang tertuang dalam Mustika Rasa sebagai bukti kejayaan masakan Indonesia yang berasal dari berbagai daerah.

“Gampang sebenarnya kalau mau memasak. Kalau bisa membuat sambal dengan rasa yang pas dan enak. Sudah dipastikan bisa memasak dengan rasa yang enak pula. Seperti cheff atau tukang masak itu kan punya kelebihan mengukur bahan-bahan yang akan dimasak,” katanya.

Lebih lanjut, jelas cucu Proklamator RI, di buku Mustika Rasa juga menampilkan sejumlah resep tradisional Indonesia dan resep untuk hidup sehat.

“Resep masakan yang ada di Mustika Rasa itu bahannya sangat mudah ditemukan di sekitar kita. Makanya saya bilang, yang tidak bisa memasak, bakal bisa masak melalui (membaca) Mustika Rasa,” tuturnya.

Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan, Festival Bakar Ikan Nusantara yang digelar hari ini menjadi bukti bahwa berpolitik itu menyentuh pada aspek kehidupan masyarakat, berorientasi pada masa depan dengan menyediakan makanan yang bergizi bagi rakyat.

“Itu bisa kita temukan di dalam lingkungan kita, kekayaan alam kita yang luar biasa,” jelas Hasto, di sela acara Festival Bakar Ikan Nusantara, sebagai bagian dari rangkaian peringatan Bulan Bunga Karno 2022.

ketua panitia Festival Bakar Ikan Nusantara, Sadarestuwati menjelaskan, festival juga diramaikan dengan sejumlah acara. Seperti bedah buku “Mustika Rasa”, dan talk show ikan sebagai sumber protein dengan ahli gizi.

Suasana festival ini dimeriahkan dengan penampilan penyanyi Andre Hehanussa, Rita Zein dan Krisdayanti yang diiringi BKNP Band. (mnh/hs)