oleh

Lomba Paduan Suara Banyak Diikuti Generasi Muda

-Berita Terkini-29 kali dibaca

pdip-jatim-peserta-lomba-paduan-suaraSURABAYA – Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur Kusnadi menyatakan bangga, lomba paduan suara menyambut HUT ke-43 PDIP banyak diikuti kalangan muda. Lomba yang digelar PDI Perjuangan serentak di Indonesia itu, di lokal Jatim digelar di aula DPD PDIP Jatim, Jalan Kendangsari Industri 57 Surabaya, Sabtu (21/5/2016).

Menurut Kusnadi, lomba yang diikuti 19 kelompok paduan suara itu, peserta dari beragam usia. “Tapi saya bangga, ternyata banyak generasi muda yang ikut lomba paduan suara. PDI Perjuangan sangat mengapresiasi hal ini,” kata Kusnadi, saat membuka lomba.

Di depan peserta lomba, Kusnadi menjelaskan fenomena di dunia politik yang sempat marak akhir-akhir ini. Yakni munculnya sikap apolitik di sebagian masyarakat, khususnya di kalangan muda. (Ini, foto-foto lomba paduan suara)

Dia mengungkapkan, pandangan masyarakat bahwa partai politik dan profesi politisi itu sesuatu yang menakutkan. “Di masyarakat, dan anak-anak muda muncul suatu pandangan, bahwa parpol itu jahat, dan harus dijauhi. Padahal yang sesungguhnya, parpol tidak seperti itu,” ujarnya.

Semua elemen masyarakat, tambah Kusnadi, sudah sepakat dengan sistem ketatanegaraan di negara Indonesia, yakni demokrasi. Di negara yang menganut sistem demokrasi, jelasnya, tidak mungkin misalnya rakyat berbondong-bondong ke balai kota untuk menyampaikan aspirasi.

Namun ada perwakilan yang menyampaikan aspirasi ke penguasa. “Untuk menyampaikan aspirasi, diperlukan satu wadah, yang namanya parpol. Kalau kemudian parpol dianggap musuh bersama, maka hakikatnya yang bersangkutan tak menghendaki demokrasi di negara ini,” ucap Kusnadi.

Bahwa kemudian ada perilaku politisi yang menyimpang, atau tidak sesuai norma dan aturan, sebutnya, hal itu adalah perilaku perseorangan. Parpol apapun, tambah dia, punya tugas memberikan pendidikan khususnya terkait politik, bagi seluruh masyarakat.

Sementara itu, Ketua Panitia Lomba Paduan Suara Agatha Retnosari mengatakan, lomba memperebutkan piala dan uang pembinaan. Dalam lomba ini, dipilih juara 1, 2, dan 3, serta pemenang favorit.

“Juara satu akan diikutkan lomba paduan suara tingkat nasional yang digelar DPP PDI Perjuangan,” jelas Agatha. (goek)