oleh

Lindungi Lahan Pertanian Produktif, DPRD Banyuwangi Siapkan Perda LP2B

BANYUWANGI – Ketua DPRD Kabupaten Banyuwangi I Made Cahyana Negara mengatakan, saat ini pihaknya tengah menggodok Peraturan Daerah (Perda) tentang Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B). Perda ini nantinya untuk melindungi lahan pertanian produktif di Banyuwangi.

Saat ini Perda tersebut masih tahap persiapan, beberapa kajian masih terus dilakukan. Menurut Made, Perda ini bakal menjadi payung hukum untuk melindungi kawasan lahan pertanian, serta menjamin tersedianya lahan pertanian pangan secara berkelanjutan.

“Ini (Perda LP2B) di dalamnya bagaimana kita mengunci lahan pertanian untuk tetap dijadikan pertanian yang produktif, tidak dialihfungsikan ke sektor lain,” kata Made, Kamis (10/6/2021).

Ketua DPC PDI Perjuangan Banyuwangi ini, pun menyampaikan bahwa di Banyuwangi sudah banyak lahan pertanian produktif yang beralih fungsi. Salah satunya pertambangan galian C yang kian menyasar lahan-lahan produktif.

Apalagi, lanjut Made, urusan tambang telah ditarik ke provinsi. Bahkan berdasarkan undang-undang terbaru yakni UU Mineral dan Batubara (Minerba), kewenangan perizinan telah diambil alih pemerintah pusat.

“Sehingga kita yang dari daerah untuk jangka panjang sedang persiapan Perda LP2B ini, agar aset lahan produktif kita bisa terlindungi,” jelasnya.

Sampai saat ini pihaknya masih terus melakukan koordinasi dengan Dinas Pertanian, kecamatan dan desa untuk mengetahui peta keseluruhan lahan yang nantinya dikunci menjadi lahan pertanian.

“Sehingga ke depannya harapan kita, ketika sudah diputuskan bahwa itu lahan pertanian, maka tidak bisa diubah (dialihfungsikan) lagi,” tandas Made. (ryo/pr)

Komentar