oleh

Lewat Teleconference, Risma Motivasi Pelajar Surabaya

SURABAYA – “Halo sayangku semuanya…haloo,” sapa Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini saat mengawali teleconference dengan ratusan pelajar kelas 3 SMP, Kamis (14/5/2020).

Lewat teleconference dari Balai Kota Surabaya, Risma memotivasi para pelajar dan berdoa agar mereka selalu diberi kesehatan di tengah wabah virus Corona atau Covid-19.

“Apa kabar kalian semuanya? Tidak bosen kan kalian di rumah terus? Harus tetap semangat ya. Anak-anakku semuanya. I love you. Anak-anakku, ibu kangen kalian semuanya, makanya ibu adakan kegiatan seperti ini,” ujarnya.

Risma kemudian memberikan motivasi kepada para pelajar itu. Menurutnya, kondisi saat ini memang berubah, karena anak-anak itu harus belajar di rumah dengan didampingi orang tua dan gurunya.

Namun, Risma meminta semangatnya tidak boleh berubah. “Semangat kita tidak boleh berubah. Tidak boleh malas-malasan dan tidur-tiduran terus kalau di rumah, kalian harus selalu semangat belajar seperti dulu sebelum ada Covid-19 ini,” kata Risma.

Dia menegaskan, bahwa para pelajar itu adalah masa depan bangsa, sehingga semua pihak mengharapkan mereka berhasil dan sukses di kemudian hari. Bahkan, Risma memastikan bahwa semuanya itu sangat mungkin terjadi jika mereka mau berusaha dan terus rajin belajar.

“Harus ditanamkan dalam diri kalian. Aku tidak boleh kalah. Semuanya akan aku lawan. Tidak peduli dari Indonesia maupun luar negeri. Aku akan menjadi kebanggaan Indonesia. Kalian pasti bisa, karena kalian anak-anaknya Bu Risma. Ayo semangat,” ajaknya.

Selesai memberikan motivasi, Risma memberi kesempatan para pelajar untuk bertanya. Mereka pun banyak yang bertanya, termasuk ada pertanyaan tentang belajar di rumah hanya menyelesaikan tugas guru.

Risma pun akhirnya kembali memberikan motivasinya. Menurutnya, mereka belajar bukan untuk siapa-siapa, tapi untuk mereka dan masa depan mereka sendiri.

“Jadi, mulai sekarang harus berjuang sendiri untuk masa depan kalian sendiri. Bukan hanya untuk menyelesaikan tugas, tapi tujuannya untuk menyelamatkan masa depan kalian sendiri,” tuturnya.

Usai memberikan motivasi, kepada media, Risma mengatakan bahwa teleconference dengan para pelajar itu untuk memberikan semangat supaya daya kompetisinya tetap terjaga dan tidak turun.

Sebab, mereka sudah tidak bertemu di dalam kelas, sehingga ada kemungkinan daya kompetisinya semakin menurun. “Nah, saya ingin menjaga semangat mereka itu supaya tidak turun,” jelas Risma.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya Supomo mengatakan teleconference kali ini diikuti ribuan pelajar se-Kota Pahlawan, khususnya Kelas III SMP.

Adapun yang ikut teleconference via aplikasi zoom memang terbatas hanya 250 siswa. Sedangkan pelajar lainnya melalui aplikasi lainnya seperti streaming Youtube dan aplikasi lainnya.

“Jadi, totalnya ribuan, karena info ini sudah kami sebar ke semua sekolah,” ungkap Supomo.

Pemberian motivasi via daring itu, sebutnya, merupakan permintaan langsung Risma, karena ingin memberikan motivasi dan semangat kepada anak-anak di tengah pandemi Covid-19.

Bahkan, Risma juga ingin memberikan gambaran singkat tentang pandemi ini, sehingga harus dilawan bersama-sama sesuai protokol yang ditetapkan pemerintah. (goek)