Lantik Pagar Nusa Sumenep, Gus Nabil: Tugas Kita Menjaga NU dan Bangsa

 187 pembaca

SUMENEP – Ketua Umum Pimpinan Pusat Pencak Silat Nahdlatul Ulama (PP PSNU) Pagar Nusa, Muchamad Nabil Haroen, melantik secara resmi Pimpinan Cabang Pagar Nusa Sumenep, Jawa Timur masa khidmat 2018-2023 di Pondok Pesantren Nasyrul Ulum Desa Aengdake, Kecamatan Bluto, Minggu (23/1/2022).

Dalam acara tersebut, pria yang akrab dipanggil Gus Nabil itu menyatakan, bahwa tugas Pagar Nusa ialah menjaga Nahdlatul Ulama (NU) dan bangsa. Karena Pagar Nusa merupakan anak kandung dari Nahdlatul Ulama.

“Pagar Nusa itu sesuai dengan namanya adalah pagar NU dan bangsa. Menjadi pagar itu, berarti kita adalah anaknya NU. Jangan pernah merepotkan NU. Pagar Nusa harus menjadi pagar yang benar. Jadi, pagar itu harus kuat, bagaimana bisa betul-betul menjaga para kiai kita, dan menjaga Nahdlatul Ulama. Jangan pernah ngatur-ngatur NU, karena kita adalah anaknya NU,” tegas Gus Nabil, di hadapan ratusan pendekar NU.

Gus Nabil juga meminta seluruh pendekar Pagar Nusa di Kabupaten Sumenep, sering melakukan sowan dan silaturrahim kepada kiai dan masyayikh. Sebab, sowan kiai bagi anggota Pagar Nusa memiliki dua tujuan utama, yakni menjaga energi dan menjaga akhlaqul karimah.

“Kalau seluruh pendekar Pagar Nusa melaksanakan hal ini semua (sowan ke kiai dan masyayikh) sebulan sekali saja, tidak ada Pagar Nusa gegeran. Karena Pagar Nusa yang sowan kiai pasti Pagar Nusa yang berakhlaqul karimah,” ujar Gus Nabil.

Selain itu, anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR RI itu juga menekankan tentang kemandirian kepada ratusan anggota Pagar Nusa yang hadir pada acara pelantikan tersebut. Gus Nabil menceritakan, bahwa di beberapa daerah di Sumatera, Pagar Nusa sudah mulai bisa mandiri dengan membangun kantor hasil gotong royong para kader.

“Kemandirian Pagar Nusa yang selama ini kita gaung-gaungkan sudah mulai berhasil, dan sudah mulai tumbuh. Dan saya kira, Pagar Nusa di Sumenep ini juga pasti Pagar Nusa yang mandiri, Pagar Nusa yang loyal, dan Pagar Nusa yang militan,” jelas Gus Nabil, memungkasi. (set)