oleh

Kinerjanya Terbaik saat Pilkada 2020, 3 BSPN Cabang dapat Penghargaan

-Berita Terkini, Pemilu-433 kali dibaca

BATU – DPD PDI Perjuangan Jawa Timur mengapresiasi kinerja Badan Saksi Pemilu Nasional (BSPN) Kota/Kabupaten yang dinilai terbaik, khususnya dalam pelaksanaan Pilkada serentak 2020. 

Penghargaan diberikan berupa uang tunai atas kinerja BSPN Kota/Kabupaten terbaik. Penghargaan ini diserahkan saat Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) yang digelar PDI Perjuangan Jatim di Wisma Perjuangan, Oro-oro Ombo, Kota Batu, Senin (22/3/2021).

Kepala BSPN DPD PDI Perjuangan Jawa Timur Hari Yulianto mengatakan, penghargaan diberikan kepada BSPN DPC Kabupaten/Kota yang didasarkan kinerja pada saat Pilkada 2020.

Menurutnya, ada tiga kriteria yang dipakai, pertama adalah kecepatan. Artinya seberapa cepat BSPN cabang bisa menginput form pemilu yaitu Form C1 ke sistem. 

Kepala BSPN PDI Perjuangan Jawa Timur Hari Yulianto.

“Kedua akurasi, cepat tapi salah juga menjadi tidak baik. Ketiga adalah hasil, DPC-DPC yang berhasil memenangkan Pilkada, dan terakhir distribusi petugas saksi-saksinya,” beber Hari Yulianto.

Dia menambahkan, penghargaan yang diberikan kepada DPC-DPC Kabupaten/Kota tidak hanya melihat hasil input saksi, namun juga melakukan sinkronisasi hasil PPK dan KPU.

“Input hasil ini tidak hanya hasil input TPS yang kita pantau, tapi juga hasil perhitungan tingkat PPK atau kecamatan juga di tingkat KPU Kabupaten/Kota. Jadi semuanya kita cek kita telaah satu per satu sehingga memunculkan evaluasi hasil kinerja BSPN terbaik,” jelasnya.

Berdasarkan hasil evaluasi dan penilaian BSPN DPD PDI Perjuangan Jawa Timur, maka diperoleh hasil BSPN DPC Kabupaten Trenggalek menempati peringkat pertama, BSPN DPC PDI Perjuangan Kota Blitar peringkat kedua, dan BSPN Ngawi di peringkat ketiga. (ace)