Ketua DPRD Surabaya Dukung Penambahan Anggaran Sedekah Bumi

 269 pembaca

SURABAYA – DPRD Surabaya mendukung rencana penambahan anggaran untuk mendukung acara sedekah bumi warga. Dalam pembahasan APBD 2023 diupayakan ploting anggaran untuk mendukung dan menjaga tradisi adat istiadat masyarakat ini akan ditambah.

“Di tahun 2022 dianggarkan Rp 400 juta. Pada tahun 2023, ploting anggaran akan ditambah, mengingat antusiasme masyarakat dalam kegiatan sedekah bumi,” ujar Ketua DPRD Surabaya, Adi Sutarwijono, Selasa (1/11/2022).

Minggu (30/10/2022) lalu, di eks pedukuhan Kalijaran, Kelurahan Sambikerep, Ketua DPRD itu menghadiri kegiatan sedekah bumi. Hadir pula Camat Sambikerep, Iin Tresnaningsih, dan Lurah Sambikerep. Saat acara dimulai terlihat gunungan hasil bumi, sayur-sayuran dan berbagai macam bahan pangan yang ditata apik.

“Sedekah bumi adalah warisan turun-temurun dari para pendahulu kita. Untuk hajatan mengucap syukur kepada Tuhan YME atas semua keberkahan, keselamatan, kerukunan, limpahan rezeki, dan segala hal yang telah dinikmati warga masyarakat,” jelasnya.

Politisi PDI Perjuangan itu mengatakan, penguatan anggaran sedekah bumi dan kegiatan sosial budaya yang lain, harusnya juga menjadi destinasi wisata budaya bagi Kota Surabaya.

“Kami sarankan Pemkot Surabaya mempunyai agenda tahunan wisata yang terjadwal dan bisa diketahui masyarakat umum,” tandasnya. (nia/set)