Kepuasan Publik Atas Kinerja Jokowi-KH Ma’ruf Tertinggi, Hasto: Rakyat Mengapresiasi

 89 pembaca

JAKARTA – Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengapresiasi sekaligus berbangga atas capaian kinerja pemerintahan Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin. Pasalnya, sesuai survei Litbang Kompas, tingkat kepuasan publik atas kinerja Jokowi-KH Ma’ruf mencapai 73,9 persen.

“Survei Litbang Kompas menunjukkan tingkat kepuasan 73,9 persen, tertinggi selama ini. Rakyat memberikan apresiasi atas kerja keras seluruh jajaran pemerintah,” beber Hasto di Jakarta, Senin (21/2/2022).

Bagi PDI Perjuangan, kata Hasto, tingginya tingkat kepuasan di segala bidang menjadi modal sosial penting yang memperkokoh legitimasi kepemimpinan Presiden Jokowi untuk dapat menjalankan program strategisnya dengan kecepatan tinggi.

Seperti mengatasi pandemi, meningkatkan kesejahteraan rakyat, mendorong kemajuan bangsa, dan juga upayanya untuk memindahkan ibu kota negara ke Kalimantan, serta memastikan keberhasilan Indonesia di dalam presidensi G-20 dan Pemilu tahun 2024 mendatang.

Menurut Hasto, dengan modal sosial tinggi, PDI Perjuangan sebagai partai utama pengusung pemerintah, terus mendorong seluruh kadernya di jajaran legislatif dari pusat dan daerah; menteri dari PDI Perjuangan hingga para kepala daerah, hingga seluruh jajaran struktural Partai untuk semakin bersemangat melakukan kerja kerakyatan, agar berbagai persoalan pandemi dapat secepatnya diatasi.

Dia menambahkan, bangsa Indonesia dapat melangkah dengan lebih optimistis di dalam membangun masa depan. “Selamat untuk Presiden Jokowi, Wapres KH Ma’ruf Amin dan juga Menko Polhukam Prof Mahfud MD terutama dengan lonjakan apresiasi kinerja politik-keamanan,” ucapnya.

Diberitakan, survei Litbang Kompas pada akhir Januari 2022 menunjukkan bahwa kepuasan publik terhadap kinerja pemerintahan Joko Widodo-Ma’ruf Amin mencapai 73,9 persen. Angka ini meningkat dari 66,4 persen dibandingkan survei serupa pada Oktober 2021.

Capaian angka tersebut bahkan tertinggi selama survei-survei sejenis dilakukan sejak Januari 2015 atau di awal masa pemerintahan Presiden Jokowi.

Survei dilakukan melalui wawancara tatap muka pada 17-30 Januari kepada 1.200 responden. Tingkat kepercayaan mencapai 95 persen dengan margin of error pada 2,8 persen.

Berdasarkan survei teranyar itu, kepuasan publik meningkat pada empat bidang, yakni politik dan keamanan (meningkat 6,8 persen), penegakan hukum (5,3 persen), ekonomi (6,1 persen), serta kesejahteraan sosial (9,7 persen).

Kepuasan tertinggi berada di bidang kesejahteraan sosial (78,3 persen) serta politik dan hukum (77,6) persen. (goek)