oleh

Kembangkan UKM, Pemkab Ngawi Gelar Festival Ngopi dan Angkringan Kuliner Lawas

pdip-jatim-festival-wayang-nusantara-ngawiNGAWI – Bupati Ngawi Budi Sulistyono mengatakan, usaha kecil menengah (UKM) merupakan sektor ekonomi informal berbasis kerakyatan. Untuk mendorong tumbuhnya sektor ekonomi UKM, Pemkab Ngawi menggelar Festival Ngopi dan Angkringan Kuliner Lawas Ngawi selama dua minggu.

“Kita fokus pada meningkatkan ekonomi  rakyat Ngawi ini dengan mendorong sektor UKM berjaya di tengah persaingan usaha dewasa ini. Festival ini menjadi salah satu cara untuk itu,“ kata Budi Sulistyono, di sela acara pembukaan Festival Ngopi dan Angkringan Kuliner Lawas Ngawi, yang dibarengkan dengan Festival Wayang Nusantara, Minggu (30/10/2016) malam.

Menurut Kanang, panggilan akrab Bupati Ngawi, festival ini akan diselenggarakan selama dua pekan, mulai 30 Oktober sampai 12 November 2016. Produk kreatif yang juga dihadirkan pada festival tersebut adalah hasil kerajinan tangan, batik serta mebelair kayu  jati.

Meski demikian, pria yang juga Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur ini tidak menafikan perusahaan modal besar untuk berperan serta di dalam festival tersebut.

“Kita tidak hanya melibatkan pelaku ekonomi UKM, tetapi dalam festival ini juga ada perusahaan otomotif, pabrik kopi, perbankan dan lain lain,“ jelasnya

Menurut dia, ada sekitar seribu peserta dalam festival tersebut, mulai dari pedagang asongan, pedagang angkringan, pedagang kaki lima dan lain lain. Diperkirakan omset per harinya mencapai sekitar seratus juta rupiah.

Festival ini terlihat mendapat sambutan yang antusias dari warga Ngawi. Hampir semua lapisan masyarakat tumpah ruah memenuhi  Alun-alun Merdeka Kabupaten Ngawi.

Terlebih lagi, di tengah agenda festival tersebut, dimeriahkan dengan pertunjukan wayang kulit yang mengundang dalang kondang Ki Anom Suroto dengan lakon “Aji Narantaka “.

Tampak hadir dalam festival tersebut, Ketua dan Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jatim Kusnadi dan Sri Untari, serta anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR RI Sirmadji. Hadir juga Wagub Jatim Saifullah Yusuf alias Gus Ipul, Wabup Magetan Samsi, serta pengurus partai dan anggota dewan dari Fraksi PDI Perjuangan lainnya.

Sebelum pagelaran wayang dimulai, Gus Ipul, Budi Sulistyono, Kusnadi, dan Sri Untari menyerahkan sepuluh unit sepeda jamu keliling mewakili seribu unit sepeda jamu keliling yang akan diserahkan kepada pedagang jamu keliling se-Kabupaten Ngawi. (guh)