oleh

Keikhlasan Nabi Ibrahim dan Ismail Jadi Spirit Koperasi SBW Malang Berbagi kepada Sesama

-Kronik-79 kali dibaca

MALANG – Koperasi Setia Budi Wanita (SBW) membagikan daging kambing dalam rangka memperingati Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah, Senin (19/7/2021). Ketua Umum Koperasi Setia Budi Wanita (SBW) Sri Untari Bisowarno menjelaskan kegiatan ini rutin dijalankan dari tahun ke tahun oleh jajaran pengurus Koperasi SBW Malang.

Koperasi SBW, terang Untari, dalam melaksanakan kegiatan kurban tiap tahunnya selalu bergotong-royong menghimpun dan mempersiapkan hewan kurban untuk dibagi-bagikan kepada masyarakat yang membutuhkan.

“Kami ingin belajar dari keikhlasan Nabi Ibrahim dan Ismail di dalam menjalankan perintah Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Supaya dengan upaya keikhlasan itu bisa mendapatkan jalan kemenangan,” ungkap Sri Untari, Senin (19/7/2021).

Meskipun dalam kondisi pandemi Covid-19, tidak menyurutkan semangat pengurus Koperasi SBW untuk berbagi kepada sesama.

Bagi dirinya, perayaan Idul Adha di tengah pandemi Covid-19 ini seharusnya menjadi momentum untuk menguatkan dan membangkitkan rasa keikhlasan kita dalam rangka bergotong-royong dan berjuang melawan pandemi yang masih melanda tanah air kita tercinta.

“Maka kita bersama-sama berperang melawan ini dengan cara-cara yang baik patuhi protokol kesehatan ikuti aturan pemerintah, maka kita semuanya akan cepat kembali ke keadaan normal,” jelasnya.

Sebagaimana dijelaskan didalam Al-Quran, melalui kisah pengorbanan Nabi Ibrahim dan Ismail, Untari mengajak seluruh elemen bangsa untuk meningkatkan solidaritas nasional. Solidaritas nasional termasuk didalamnya untuk berderma kepada sesama yang membutuhkan.

Pandemi Covid-19, lanjut Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jawa Timur itu, tidak hanya memiliki dampak terhadap aspek kesehatan masyarakat, namun juga berimplikasi kepada banyak sektor kehidupan lainnya termasuk ekonomi.

Oleh karena itu keikhlasan dalam berkurban ini adalah wujud solidaritas dan aksi nyata membantu meringankan beban pemerintah dalam menyelesaikan dampak sistemik daripada pandemi Covid-19.

“Siapapun yang berderma dengan keikhlasan akan ada momentum dan akan dicatat oleh Allah sebagai perbuatan yang sangat baik di masa-masa masyarakat di mana sangat membutuhkan. Mari kita giatkan gerak derma momentum Idul Adha dengan keikhlasan untuk membantu sesama saudara kita,” terangnya.

Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Provinsi Jawa Timur ini juga menginginkan spirit gotong-royong, bahu membahu di dalam kondisi pandemi dapat dijalankan oleh seluruh elemen bangsa. Dimulai dari Koperasi SBW Malang, dirinya ingin memberikan contoh bagaimana spirit gotong-royong dan kebersamaan bisa benar-benar diterapkan.

“Kami di masa-masa pandemi Covid ini, kami membantu anggota yang terkena serangan Covid dengan beras dan uang, selama 3 bulan. Tetapi Insya Allah, di bulan bulan ke depan karena anggota yang terjangkit ini semakin banyak maka gotong-royongnya akan kita luaskan dari gotong royong seluruh anggota ini,” pungkas Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia tersebut.

Selain itu, pihaknya juga mempersiapkan dana sosial yang dapat dipergunakan anggota koperasi untuk melakukan pengecekan kesehatan dan membantu menyediakan kebutuhan pangan mereka.

Melalui Koperasi SBW, Legislator dari Daerah Pemilihan (Dapil) Malang Raya ini ingin menunjukan bagaimana spirit keikhlasan dan mau berkurban dapat diimplementasikan secara bergotong-royong dalam membantu saudara-saudara kita. Sekaligus sebagai rangkaian upaya membantu ikhtiar pemerintah mengentaskan pandemi Covid-19. (ace/pr)

Komentar