Jelang Ramadhan, Eri Cahyadi Pantau Vaksinasi Takmir Masjid se-Surabaya

 74 pembaca

SURABAYA – Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi meninjau vaksinasi yang digelar di Masjid Cheng Ho, Selasa (30/3/2021). Vaksinasi massal kali ini diikuti ribuan takmir, marbot, dan relawan masjid se-Kota Pahlawan.

Cak Eri, sapaan Eri Cahyadi mengatakan, vaksinasi untuk takmir, marbot, dan relawan masjid ini untuk menyambut datangnya bulan Ramadhan.

“Insya Allah hari ini ada 1.000 orang yang kita targetkan. Hari ini untuk tokoh agama karena sebentar lagi akan memasuki Ramadhan, takmir, marbot, penceramah yang kita fokuskan,” jelas Cak Eri, .

Oleh karena jumlahnya, ribuan, pelaksanaan vaksinasi bagi, marbot, dan relawan masjid ini bakal berlangsung hingga Rabu (31/3/2021).

Selain itu, dia meminta kepada para takmir, apabila masih terdapat takmir masjid lain yang belum menerima vaksin diimbau untuk segera mendaftarkan diri. 

“Bapak, saya titip nggih (ya) kalau ada anggota pengurus panjenengan (Anda) yang belum vaksin segera diinformasikan. Saya mohon restu dan doa agar pandemi Covid-19 segera berakhir dan hilang dari Kota Pahlawan, doa panjenengan mustajabah,” ucapnya

Eri menyebut, bahwa takmir mendapatkan prioritas vaksinasi. Sehingga keamanan dan kenyamanan masyarakat umat Islam selama melaksanakan ibadah di bulan suci Ramadhan bisa aman dan nyaman.

“Sehingga nanti ketika masuk bulan Ramadhan, supaya tarawihnya nyaman lah,” sebut Eri.

Vaksinasi takmir ini menggunakan dua jenis vaksin, yakni Sinovac dan AstraZeneca. “Tapi jumlahnya lebih banyak yang Sinovac. AstraZeneca baru dikirim kemarin, sekitar 100.000 ribuan yang lainnya Sinovac,” bebernya.

Selain vaksin takmir masjid ini, pihaknya juga melaksanakan vaksinasi menjelang pelaksanaan Paskah, pada Minggu (4/4/2021).

“Tidak hanya umat muslim tapi kemarin kita juga sudah tokoh-tokoh agama, ada yang pendeta itu kita siapkan karena sebentar lagi Paskah,” ungkap wali kota yang kader PDI Perjuangan tersebut.

Setelah meninjau vaksinasi di halaman Masjid Cheng Ho, Cak Eri bersama rombongan bergeser menuju lokasi pelaksanaan vaksin massal berikutnya, yakni di lantai 6 TP Surabaya. 

Di sana, Cak Eri menyapa warga dan memastikan pelaksanaan vaksin berjalan lancar. Tidak hanya itu, ia juga  mengungkapkan rasa bahagia lantaran para pengusaha maupun perorangan, tempatnya bersedia digunakan untuk pelaksanaan vaksinasi.

“Ada yang rela menyiapkan tambahan makanan maupun minuman. Terima kasih kepada seluruh stakeholder maupun perorangan dan perusahaan yang gotong royong terus membantu pemerintah kota,” ungkapnya. (goek)