oleh

Jadi Corong Partai, Kader PDIP Jatim Ikuti Pelatihan Komunikasi Terapan

-Berita Terkini, Kronik-20 kali dibaca

pdip-jatim-pelatihan-komunikasi-terapanSURABAYA – Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jawa Timur Sri Untari mengatakan, kader partai khususnya di jajaran struktural dan anggota legislatif, harus menguasai komunikasi politik. Baik untuk kepentingan media massa, maupun berbicara langsung di depan publik

Kecakapan berkomunikasi ini, kata Untari, perlu dikuasai kader-kader partai karena sangat dibutuhkan di era sekarang. Lebih-lebih di era digital, di mana hampir semua orang mampu mengakses komunikasi melalui handphone dan gadget lainnya.

Karena itu, DPD PDI Perjuangan Jawa Timur menggelar pelatihan komunikasi terapan. Pelatihan selama dua hari mulai Jumat (18/11/2016) ini diikuti pengurus DPC PDIP, dan Ketua Fraksi PDIP DPRD se-Jatim. (Ini, Foto-foto Pelatihan Komunikasi Terapan)

Pelatihan juga diikuti pengurus DPD PDI Perjuangan Jatim, serta anggota Fraksi PDIP DPRD provinsi Jatim. Menurut Untari, kader di jajaran struktural, dan anggota dewan selama dua hari dilatih menjadi corong partai.

“Melalui pelatihan ini, kami harapkan peserta bisa menguasai kemampuan komunikasi dengan baik. Sehingga mereka bisa menyampaikan dengan baik, misalnya sesuatu hal yang ditanyakan teman-teman media di berbagai kesempatan,” kata Untari.

Selama pelatihan, para peserta juga dibekali cara komunikasi melalui media sosial (medsos) yang sekarang sedang nge-tren di masyarakat. Apalagi, saat ini medsos banyak dijadikan sarana mempengaruhi orang, dan bisa jadi alat kampanye alternatif.

Pelatihan komunikasi terapan yang berlangsung di aula sekretariat DPD PDI Perjuangan Jatim, Jalan Kendangsari Industri 57 Surabaya, dipandu tim dari DPP PDI Perjuangan. Pelatihnya, dari unsur dosen dan wartawan nasional.

Materi yang diberikan, di antaranya tentang komunikasi politik, public speaking, teknik membuat pers rilis untuk media, latihan berdebat, teknik menjadi narasumber, cara merespons pertanyaan, dan praktik wawancara. (goek)