oleh

Ini, Program Andalan Gus Ipul-Mbak Puti untuk Madura

-Berita Terkini-19 kali dibaca

SURABAYA – Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Puti Guntur Soekarno (Mbak Puti) meluncurkan salah satu program andalan. Yakni, program satu triliun untuk Pulau Madura atau disingkat Satria Madura.

Kucuran anggaran Rp 1 triliun itu, menurut Gus Ipul, harus dilakukan Pemprov Jatim karena Madura memerlukan sentuhan khusus pembangunan. Ini karena indeks pembangunan manusia (IPM) di Madura hingga saat ini masih rendah.

Begitu pula dengan kemiskinan saat ini masih banyak ditemukan di empat kabupaten di Madura, mulai Bangkalan, Sampang, Pamekasan dan Sumenep.

“Madura memerlukan intervensi, kebijakan dan anggaran khusus jika pembangunan di Madura ingin lebih merata. Kami telah merumuskan program ‘Satria Madura’. Yakni, Satu Triliun untuk Pulau Madura,” kata Gus Ipul, kemarin.

Anggaran khusus Rp 1 triliun itu, lanjut Wagub Jatim ini, untuk peningkatan sumber daya manusia (SDM) dan peningkatan kualitas infrastruktur.

Menurut Gus Ipul, selama 9 tahun memimpin Jatim bersama Pakde Karwo telah tercapai banyak prestasi. Meski begitu, tambah dia, perlu percepatan untuk mengurangi pengangguran, kemiskinan dan kesenjangan dan bidang lain seperti pertanian.

“Nanti ada sembilan agenda prioritas yang akan kita sampaikan,” ungkap pria yang masih menjabat Wagub Jatim ini.

Satria Madura sendiri, kata Gus Ipul, merupakan salah satu program andalan yang diambilkan dari satu visi, tiga strategi, sembilan agenda prioritas dan 33 janji kerja.

“Satria Madura ini salah satu program andalan kami. Masih banyak lagi program lainnya yang nanti akan kami berikan untuk masyarakat Jawa Timur,” ujarnya.

Terpisah, relawan pemenangan Joko Widodo yang tergabung dalam Gerakan Aspirasi Rakyat Jokowi (Gema Jokowi) bakal mengawal 9 program Gus Ipul-Mbak Puti. Mereka akan mengingatkan Gus Ipul tentang komitmennya dalam membangun Jawa Timur.

“Sembilan program yang dituangkan dalam visi-misi Gus Ipul merupakan komitmen untuk membangun Jatim,” kata Ketua Gema Jokowi Jawa Timur, Ari Suwari, Kamis.

Dia mengatakan, janji yang ditulis dalam program merupakan beban moral, itu harus ditepati. Untuk itu, pihaknya akan menyupport Gus Ipul untuk menepati janji demi pembangunan Jatim menjadi lebih baik.

Untuk bisa mewujudkan itu semua, pihaknya akan membantu sekuat tenaga dalam memenangkan Gus Ipul dan Puti. Karena kemenangan mereka merupakan kemenangan bersama.

Hal ini bisa diketahui dengan bersatunya nahdliyin dan abangan. Kedua massa ini memiliki jumlah yang sangat besar di Indonesia.

Jika keduanya bersatu tidak ada kekuatan lain yang bisa membendungnya. “Kedua kelompok ini besar, makanya kami sangat bersemangat untuk memenangkan pasangan ini,” kata dia. (goek)

Komentar