oleh

HUT ke-48, PDI Perjuangan Borong 3 Rekor MURI

JAKARTA – PDI Perjuangan memborong tiga penghargaan Museum Rekor Indonesia (MURI). Tiga rekor MURI itu untuk kategori peserta rapat virtual, penanaman pohon oleh anggota partai politik, dan pembagian nasi tumpeng terbanyak dalam kegiatan memperingati HUT ke-48 PDI Perjuangan.

Penghargaan itu disampaikan langsung oleh penggagas MURI Jaya Suprana, yang hadir dalam rapat DPP PDI Perjuangan bersama MURI secara virtual, Senin (18/1/2021). Hadir juga dalam rapat virtual itu, pengurus DPP, DPD serta DPC PDI Perjuangan seluruh Indonesia.

Atas raihan rekor MURI tersebut, Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengaku bangga.

“Terima kasih, sebagai pengurus MURI saya tentu sangat bangga sekali, karena saya diberitahu Pak Sekjen, hari ulang tahun kita yang ke-48 itu ternyata diperhatikan MURI, dan saya tidak menyangka bahwa hasilnya mencapai rekor MURI yang tadi telah disampaikan Pak Jaya,” ucap Megawati. 

Terkait penggunaan teknologi dalam perayaan HUT ke-48 PDI Perjuangan, Sekjen DPP Hasto Kristiyanto mengatakan, hal itu membuktikan bahwa kerja-kerja Partai untuk melaksanakan transformasi menuju Partai modern ternyata diperhatikan dan diapresiasi.

“Ini jadi bukti bahwa publik memang menaruh pada Partai sebagai penghubung vital dengan masyarakat sipil, sehingga harus tetap hidup dan bertransformasi,” terang Hasto.

Menurutnya, PDI Perjuangan menyadari sepenuhnya bahwa bertahan tidaknya sebuah organisasi sangat bergantung pada kemampuannya beradaptasi lingkungannya yang selalu berubah. Apalagi di era lingkungan nasional dan dunia yang dipengaruhi oleh berbagai disrupsi yang ada.

“Maka itulah sebagai organisasi politik, PDI Perjuangan terus berusaha melakukan transformasi mengikuti tantangan zaman yang ada,” jelasnya.

Sehingga PDI Perjuangan, menurut Hasto, akan terus mampu mengelola eksplorasi publik yang terus dinamis. “Bertransformasi menjadi partai politik modern, yang memiliki manajemen organisasi yang transparan, akuntabel, komunikatif, responsif, dan adaptif,” ujarnya.

Sehingga pada rapat peringatan HUT ke-48 lalu,  tambah Hasto, PDI Perjuangan membaca betapa sulitnya tantangan yang hadir untuk bisa mewarnai kehidupan politik nasional di tengah pandemi Covid-19.

“Berbagai limitasi yang ada dijawab dengan gelaran peringatan HUT partai yang harus tetap bisa dilaksanakan, dan tetap menghadirkan seluruh unsur partai dari seluruh Indonesia,” ujarnya.

“Teknologi telekonferensi akhirnya digunakan dan partai pun menggerakkan organisasinya di seluruh Indonesia untuk melaksanakannya,” tambah dia.

Sementara itu, Jaya Suprana yang hadir secara virtual itu membeberkan tiga penghargaan MURI tersebut. Pertama, penghargaan kepesertaan HUT ke-48 PDI Perjuangan secara daring terbanyak. 

“Dengan penuh kerendahan hati saya mohon berkenan untuk dapat menganugerahkan 3 piagam penghargaan museum rekor Indonesia (MURI) dalam rangka HUT ke-48 dan rakernas PDI Perjuangan. Satu, prosesi HUT Partai Politik secara daring peserta terbanyak, yaitu 73.367 peserta yang terdiri dari DPP, plus 34 provinsi dengan 1367 peserta. Joe Biden juga harus belajar dari kita, dari PDI Perjuangan,” kata Jaya. 

Yang kedua, lanjut Jaya, penghargaan atas kegiatan penanaman pohon terbanyak oleh anggota parpol secara serentak di seluruh Indonesia. 

“Rekor kedua, penanaman pohon terbanyak oleh anggota parpol serentak yaitu 357.975 dengan jumlah pohon 579.247 waduh, ampun saya. Yang nyebutnya saja sampai pusing ini, karena begitu banyak,” ujarnya. 

Terakhir, MURI juga memberikan penghargaan atas rekor pembagian tumpeng terbanyak saat HUT ke-48 kepada masyarakat. 

“Sebagai bangsa Indonesia yang menjunjung tinggi mahakarya, kebudayaan nusantara ini, Ulang tahun PDI Perjuangan dilaksanakan dengan pembagian tumpeng terbanyak, DPP dan DPD seluruhnya 7.763 tumpeng. Ini semua dibagikan kepada para panti asuhan pantu jompo dan berbagai komunitas kemanusiaan,” tutur Jaya. (goek)

rekening gotong royong