Hj Kasipah Apresiasi Terobosan Pejuang Muda Ihwal Pemanfaatan Enceng Gondok untuk Pakan Ternak

 133 pembaca

SIDOARJO – Sekretaris Komisi D DPRD Sidoarjo, Hj Kasipah AMd mengapresiasi edukasi yang dilakukan Pejuang Muda kepada masyarakat Dusun Kepetingan Desa Sawohan Kecamatan Buduran, terkait pemanfaatan enceng gondok untuk pakan ternak.

Wakil rakyat dari PDI Perjuangan tersebut menyampaikan, selama ini enceng gondok menjadi persoalan tersendiri bagi lingkungan, khususnya sungai. Tanaman liar tersebut kerap menyumbat aliran sungai sehingga berpotensi menyebabkan banjir.

“Bagus. Jadi tidak sekadar membuat sungai menjadi bersih, malah bisa dimanfaatkan menjadi sesuatu yang produktif, dalam hal ini untuk pakan ternak,” kata Kasipah.

Ketua Pejuang Muda Kabupaten Sidoarjo, Angga Tri Saputra, menjelaskan, selama menjalankan tugas sebagai Pejuang Muda, ia bersama sejawatnya para mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi menemukan banyaknya tumpukan enceng gondok di sungai Kepetingan.

“Berawal dari hal tersebut, kami ingin membantu dan berkontribusi untuk masyarakat Kepetingan mencapai lingkungan yang bersih sekaligus membangun produktivitas warga” ujar Angga.

Untuk mewujudkan hal itu, sejumlah upaya dilakukan Pejuang Muda. Mulai dari sosialisasi hingga pelatihan pemanfaatan enceng gondok untuk pakan ternak. Pelatihan dilaksanakan di Pendopo Dusun Kepetingan, Minggu (19/12) diikuti 59 peserta.   

Dalam pelatihan itu, tanaman eceng gondok diolah dengan metode silase, fermentasi dan dibuat tepung untuk kemudian diolah menjadi pakan kambing dan domba. Pakan dari enceng gondok disebut-sebut membuat ternak menjadi lebih gemuk dan sehat.

Untuk diketahui, Pejuang Muda diinisiasi oleh tiga kementerian, yakni Kemensos, Kemendikbud dan Kemenag. Di Sidoarjo, ada 19 mahasiswa dari berbagai universitas di Indonesia yang tergabung dalam Pejuang Muda. Dalam bertugas, mereka berkolaborasi dengan dinas sosial dan pemangku kebijakan terkait.

Di Sidoarjo, Pejuang Muda di bawah koordinasi mentor eksternal Dr Tri Siwi Agustina, Nur Deliana Parahianti AKs, dan Hj Kasipah selaku Sekretaris Komisi D DPRD Sidoarjo, serta M Ihsan SSos selaku koordinator PKH Dinas Sosial Sidoarjo.(hs)