oleh

Henky Kurniadi Serahkan Bantuan Alat Pertanian di DPC Sidoarjo

pdip-jatim-hengky-kurniadi-serahkan-alsintanSIDOARJO – Puluhan gabungan kelompok tani berkumpul di pelataran sekretariat DPC PDI Perjuangan Sidoarjo, Kamis (11/8/2016) siang. Raut muka mereka nampak berseri-seri.

Maklum, siang itu mereka akan menerima bantuan alat dan mesin pertanian hasil aspirasi yang disampaikan melalui anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR RI Henky Kurniadi beberapa bulan sebelumnya.

Data dihimpun dari sekretariat menyebutkan, sejumlah alat pertanian itu akan diserahkan kepada 42 Gapoktan se-Sidoarjo. Di antaranya berupa pompa air 13 unit, transplanter atau alat penanam padi 14 unit, hand tractor 11 unit, dan combine harvester sedang 4 unit.

“Terima kasih atas bantuannya pak Henky dan PDI Perjuangan atas usahanya merealisasikan bantuan yang kami harapkan,” kata Sukarto, Gapoktan Melati Desa Bareng Krajan, Krian mewakili teman-temannya.

Kepala Dinas Pertanian Sidoarjo Ir Anik Pudjiastuti dalam sambutannya  mengatakan, alat pertanian tersebut adalah program bantuan pemerintah pusat melalui jaring aspirasi anggota DPR RI. “Alat dan mesin pertanian  mengurai persoalan kekurangan tenaga kerja  di sektor pertanian,” katanya.

Sementara Sekretaris DPC PDI Perjuangan Sidoarjo Taufik Hidayat mengatakan, bantuan alat pertanian adalah bentuk keseriusan Pemerintah Jokowi-Jk dalam hal penguatan sektor pertanian menuju swasembada pangan.

“Semoga alat-alat pertanian ini bisa digunakan sebaik-baiknya untuk keperluan bidang pertanian,” harap Taufik Hidayat. “Dan mohon jangan disalahgunakan,” pesannya.

Henky Kurniadi pada kesempatan sesudahnya berpesan kepada para petani agar menggunakan sebaik-baiknya mesin pertanian tersebut. “Saya akan cek berkala. Bagaimana manfaatnya, atau adakah kekurangannya,” ujarnya.

Luas area tanam padi dan holtikultura di Sidoarjo seluas 22.250 hektar dan tebu 4.733 hektar. (ure)