Geliatkan Ekonomi Pasca Pandemi, Pemkab Trenggalek Gelar Lomba Anugerah Sadewa

 212 pembaca

TRENGGALEK – Pemerintah Kabupaten Trenggalek terus berupaya menggenjot sektor pariwisata desa. Terbaru, Pemkab Trenggalek menggelar program Anugerah Seratus Desa Wisata (Sadewa).

Melalui program ini Pemkab Trenggalek akan memilih enam kategori wisata desa terbaik. Harapannya, Anugerah Sadewa bakal turut menggenjot upaya pemkab mewujudkan desa-desa wisata terbaik sebagai salah satu strategi pemulihan ekonomi pascapandemi.

Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin mengatakan, Anugerah Sadewa merupakan bentuk “mini” dari program Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) bentukan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

“Ini merupakan anugerah pertama yang kami gelar di Kabupaten Trenggalek,” kata Nur Arifin, di Trenggalek, Selasa (27/9/2022).

Bupati yang akrab disapa Mas Ipin itu berharap, dengan adanya anugerah itu, desa-desa wisata di Kabupaten Trenggalek bisa berakselerasi untuk tumbuh dan tampil dengan lebih baik.

“Sehingga geliat pelaku usaha jasa wisata bisa lebih baik. Dan ekonomi di desa bisa tumbuh,” jelas bupati yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Trenggalek ini.

Salah satu destinasi wisata di Trenggalek

Nantinya masing-masing desa wisata akan saling berkompetisi untuk menjadi yang terbaik. Dalam agenda ini, Pemkab Trenggalek melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan akan mencari enan wisata desa terbaik dari enam kategori yang dilombakan.

“Silakan masing-masing desa wisata untuk berkreasi. Sambil mempersiapkan masyarakat, menggali budayanya, mengonservasi lingkungannya, jangan lupa disiapkan event-nya,” ujarnya.

“Minimal setiap desa wisata punya event yang khas karena mengundang orang itu biasanya harus lewat event dulu,” sambung Mas Ipin.

Dia yakin dengan semangat gotong royong, masyarakat desa mampu berkolaborasi untuk menciptakan desa wisata yang berkualitas.

Pihaknya berharap label pariwisata desa ditambah labelnya menjadi geo side hingga geo heritage.

“Kemudian ini menjadi bagian dari geopark. Harapannya status itu bisa mengangkat status sebuah daerah dan perekonomian sebuah daerah. Mari kiat-kiat ini kita seriusi saya berharap ini jadi kemakmurannya Trenggalek sumbernya salah satunya dari desa wisata ini,” tuturnya. (red/pr)