oleh

Februari, AKN Putra Sang Fajar Bakal Gelar Kuliah Perdana

BLITAR – Pembangunan kampus Akademi Komunitas Negeri (AKN) Putra Sang Fajar telah rampung. Kampus yang berdiri gagah di tengah kota di lahan bekas RSUD Mardi Waluyo ini terlihat megah bernuansa merah putih.

“Ini adalah mimpi saya, setidaknya sejak menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan. Saya berkeinginan ada lembaga pendidikan tinggi yang representatif di kota sendiri,” Walikota Blitar, Santoso, saat meninjau kampus AKN Putra Sang Fajar, Rabu (20/01/2021).

Menurut Santoso, kampus di Jalan dr Soetomo Kecamatan Sananwetan ini akan menjadi kebanggaan warga Kota Blitar. “Agar masyarakat Kota Blitar tidak perlu kuliah jauh-jauh. Dengan adanya kampus negeri juga akan menumbuhkan ekonomi masyarakat sekitar kampus,” ujarnya.

Kampus AKN yang dibangun pada Juni 2020 lalu dengan gedung 3 lantai tersebut kini nampak berdiri megah dengan dominasi warna cat merah dan putih sesuai semangat Putra Sang Fajar, Soekarno.

“Sarana prasarana kuliah serba baru semua. Kursinya sebagian sudah didatangkan sebagian lagi belum. Untuk itu perlu dipersiapkan dengan baik,” beber Santoso.

Menurutnya, perkuliahan perdana sudah bisa dilaksanakan di awal Februari depan. Dia optimistis kampus baru ini segera bisa dimanfaatkan. 

“Mudah-mudahan di awal Februari sudah bisa digunakan untuk kuliah. Ruang perkuliahan sudah siap, laboratorium siap, ruang sekretariat juga siap, sehingga tinggal nyetelnya saja,” terangnya. 

Dia pun berharap, agar keberadaan AKN Putra Sang Fajar bisa memberikan fasilitas pendidikan tinggi yang representatif. Selain itu tentunya mudah dijangkau serta murah bagi masyarakat Kota Blitar dan sekitarnya.

Gedung kampus AKN Putra Sang Fajar dibangun mulai pertengahan 2020 lalu dengan anggaran Rp 21 miliar bersumber dari APBN melalui Kementerian Pendidikan Tinggi (Dikti). Sedangkan Pemerintah Kota Blitar yang menyiapkan lahannya. 

Pembangunan AKN Putra Sang Fajar dilakukan secara multiyears, dilanjutkan tahun ini dengan penambahan fasilitas penunjang pendidikan di kampus tersebut. (goek)

rekening gotong royong